Kab BantulNews

Ubur-Ubur Sengat Ratusan Orang di Pantai Parangtritis-Depok

0
gatal ubur-ubur

STARJOGJA.COM, BANTUL – Data Tim Pencarian dan Pertolongan SAR Bantul mencatat 106 orang tersengat ubur-ubur di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok Bantul . Jumlah itu dihimpun selama Senin (3/6/2019) sampai Kamis (6/6/2019).

Rinciannya, selama masa Lebaran itu sebanyak 80 wisatawan tersengat ubur-ubur di Parangtritis dan 26 orang tersengat di Depok. Pantai yang berlokasi di sebelah barat Parangtritis.

Koordinator SAR Pantai Parangtritis Bantul Ali Sutanto mengatakan pada Selasa (4/6/2019) ada beberapa korban yang mengalami sesak napas dan dibawa ke Rumah Sakit Rachma Husada Bantul.

“Sengatan ubur-ubur tersebut memang tidak terlalu membahayakan bagi korban, akan tetapi bagian perut korban terasa panas. Bagi yang tidak kuat atau punya riwayat sesak napas bisa berakibat kambuh,” ujarnya, Jumat (7/6/2019).

Ali mengatakan pengobatan terhadap korban sengatan ubur-ubur dilakukan dengan cara mengoles minyak untuk meredakan panas dan menyuruh korban untuk istirahat beberapa waktu. Obat tersebut disediakan sukarelawan SAR di posko SAR.

Pada Jumat (7/6/2019) sampai petang tidak ada laporan sengatan ubur-ubur. “Ini karena cuacanya yang tidak ada angin dan tidak dingin. Biasanya [ubur-ubur] itu keluar ke permukaan laut kalau ada sinar Matahari dan ada angin,” kata Ali.

Ali menjelaskan kondisi alam yang cenderung mendung atau langit tertutup awan ini menjadi penyebab hewan itu tidak naik ke permukaan. Kondisi ini berbeda dengan hari sebelumnya Kamis (6/6/2019) yang panas, namun berhembus angin dingin.

Libur Lebaran, Bandara Baru di Kulonprogo Jadi Wisata Dadakan

Previous article

Ini 6 Cara Menyimpan & Berbagi Foto saat Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul