Flash Info

Jalan Tol Belgia Punya Karya Seni setinggi 60 meter

0
aspal jalanan
Jalan tol Belgia (the guardian)

STARJOGJA.COM, Info – Jalan tol Belgia telah dikonfirmasi bakal menjadi tempat karya seni publik Arc Majeur – yang berbentuk busur setinggi 60 meter dan 28 meter – dipamerkan.

Bernar Venet, seniman asal Prancis yang merancang karya seni Ar Majeur mengatakan meskipun ada monument yang lebih tinggi dari tokoh-tokoh sejarah, karya seni ini bisa dibilang sebagai patung artistik tertinggi dari jenisnya di muka bumi.

 “Tidak ada yang seperti ini di dunia saat ini. Anda dapat melihatnya dari [jarak] 3 kilometer,” kata Vebet seperti dikutip The Guardian, Kamis (1/8/2019).

Baca Juga : Jalur Darat Perjalanan Beresiko Tinggi

Adapun, pemilihan tempat di jalan tol Belgia, tepatnya di dekat desa Lavaux-Sainte-Anne di pinggiran kota Rocherfort dipilih dengan alasan pandangan pengemudi yang lewat dan melihat karya seni itu tidak akan terhalang oleh lampu tiang mana pun.

“Ada tiang lampu di mana-mana di Belgia. Tapi di sini antara 15-20 kilometer tidak ada tiang. Pengemudi akan bisa melihatnya dengan lebih jelas dan menariknya mereka tidak akan berhenti untuk mengamatinya. Orang-orang hanya akan bergerak dan mereka akan melewatinya dan pergi,” imbuh Venet.

Karya seni berbentuk busur raksasa ini memiliki sejarah panjang, termasuk dua upaya yang gagal untuk menginstalnya atau mengimplementasikannya di Prancis, tanah kelahiran si seniman.

Awalnya, Arc Majeur akan didirikan pada 1984 di dekat kota Auxerre yang mengarah ke Paris, tetapi dianggap melanggar kampanye dari wali kota setempat. Selanjutnya, rencana pembangunan beralih ke jalan Burgundy tetapi gagal karena alasan teknis yang ditolak oleh Venet sendiri.

Patung yang ada di Belgia ini berbentuk dua busur setinggi 28 meter dan 60 meter yang muncul dari dalam tanah di kedua sisi jalan raya. Sekitar 1.000 ton beton akan digunakan untuk mempertahankannya.

Pembangunan busur sebagian besar didanai oleh John Cockerill Foundation, sebuah cabang filantropi CMI yang berbasis di Seraing, Belgia.

Sementara itu, beberapa karya seni tertinggi yang ada di wilayah Eropa adalah ArcelorMittal Orbit di London setinggi 114,5 meter, Sanctuary of Christ the King di Portugal setinggi 110 meter, dan patung Motherland di atas Museum of the Great Patriotic War di Ukraina setinggi 102 meter.

Terimakasih Untuk Dukungannya Bagi Kami

Previous article

Kemenag Sidang Isbat Awal Zulhijjah Sore ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info