News

Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor Selasa Besok Mulai Pukul 09.00 WIB

0
pameran seni

STARJOGJA.COM, JOGJA  – Uji coba kawasan jalur pedestrian di Malioboro bebas dari kendaraan bermotor pada Selasa Wage (27/8/2019) akan berbeda dengan sebelumnya. Selain penerapannya dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, ujicoba ini akan memaksimalkan kendaraan non bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan jika sebelumnya pelaksanaan uji coba dilakukan mulai pukul 06.00 WIB, maka pada Selasa besok pelaksanaannya dilakukan mulai pukul 09.00 WIB. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha di Malioboro melakukan pengiriman barang yang akan dijual di kawasan tersebut.

“Ini untuk mengakomodasi usulan yang masuk,” katanya dikutip dari harian jogja, Minggu (25/8/2019).

Dia berharap, setiap kali akan ada ujicoba harus ada evaluasi dan perbaikan. Salah satu evaluasi yang dilakukan adalah rencana tidak ada lagi perlintasan kendaraan bermotor dari Sosrowijayan sampai simpang Dagen ke Jalan Malioboro. Konsep kali ini diharapkan panggung pertunjukan yang ditampilkan di sepanjang Malioboro bisa lebih maksimal.

“Tapi pertunjukannya tidak usah pakai panggung karena bisa menutup trotoar. Kalau trotoar ditutup [oleh panggung] bisa mengganggu pengguna jalan,” katanya.

BACA JUGA : Saat Malioboro Tetap Hipnotis Para Milenial

Oleh karena itu, Sigit berharap tidak ada panggung yang didirikan selama masa uji coba dilakukan. Atraksi kesenian dan kebudayaan bisa dilakukan di trotoar agar pengunjung tidak memadati jalan utama Malioboro. Jalan utama tetap digunakan untuk bus Transjogja, dan kendaraan non bermotor lainnya. Apalagi pada Selasa Wage besok, pihaknya juga akan mengenalkan becak listrik sebagai transportasi alternatif di kawasan Malioboro.

“Kami akan uji coba becak listrik. Becak bertenaga khusus ini merupakan pengembangan kendaraan tradisional becak kayuh yang diharapkan dapat menggantikan becak montor [bentor] di kawasan Malioboro,” katanya.

Disebutkan oleh Sigit, becak listrik yang akan dikenalkan sebanyak empat unit dari delapan unit yang disiapkan. Dari Dishub empat unit, BPD DIY dan Grab masing-masing dua unit. Penggunaan becak listrik ini nantinya diharapkan dapat dipesan secara online.

“Yang dikenalkan empat unit dulu. Gubernur sudah mengirim surat terkait izin becak listrik ke kementerian perhubungan. Becak listrik ini menjadi langkah awal upaya kami untuk mengganti becak motor [bentor],” katanya.

Youtuber PewDiePie Tembus 100 Juta Subscriber

Previous article

Pembangunan Jalur Kereta Bandara Kulonprogo Dimulai Oktober

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News