Pendidikan

Tulisan dalam Poster Aksi Demo Mahasiswa Jadi Incaran Kemendikbud

0
tulisan dalam poster aksi demo
Kemendikbud (Kemdikbud_RI)

STARJOGJA.COM, Info – Aksi demo mahasiswa yang terjadi di seluruh Indonesia menjadi perhatian bagi Kemendikbud terutama dalam penulisan yang ditulis dalam poster mahasiswa tersebut. Melalui Kemendikbud yaitu @Kemdikbud_RI memantau benar tidaknya penulisan di poster mahasiswa yang menggelar aksi tersebut sesuai aturan baku Bahasa Indonesia. Beberapa tulisan dalam poster aksi demo masuk dalam cuitannya.

“Yuk, lihat kreativitas mahasiswa dalam karya posternya, dan perbaiki kesalahan penulisan bahasa Indonesia. Apakah #SahabatDikbud menemukan poster kreatif lain untuk media pembelajaran bahasa Indonesia? #CintaBahasaIndonesia,” begitu cuit Kemendikbud.

Kemendikbud menampilkan gambar dalam cuitannya dengan tulisan yang sudah diberikan jawaban atau penulisan yang benar. Seperti tulisan dalam poster aksi demo “Negara sudah darurat sampai introvert rela ikut demo”, Kemdikbud memberikan lingkaran di kata Introvert. Kata Introvert merupakan serapan dari bahasa asing sehingga kemudian diberikan penjelasan bahwa penulisan kata yang benar dalam Bahasa Indonesia adalah Introver.

Baca Juga : Berikut trik menarik orang dengan tulisan kita

Kata lainnya adalah “Saya disini cuma mau update instastory” Kemdikbud kemudian juga memberikan lingkaran kata Disini sebagai bagian kata yang harus dibenarkan. Penulisan yang benar dalam poster mahasiswa demo itu adalah Di sini, jadi ada pemisahan kata depan Di yang menandai tempat dan kata Sini.

“#SahabatDikbud, kreativitas (creativity) adalah salah satu kompetensi yang dibutuhkan generasi bangsa di abad 21. #SahabatDikbud sudah melihat poster-poster dari mahasiswa saat aksi unjuk rasa kemarin? Kreatif-kreatif, bukan #CintaBahasaIndonesia,” cuitnya lagi.

Tulisan dalam poster aksi demo berlanjut pada tulisan “Entah apa yang merasukimu hingga kau tega menghianatiku”

Kemdikbud kembali melingkari tulisan Menghianatiku denga nmemberikan tulisan baru Mengkhianatiku sebagai jawaban atau tulisan yang benar. Penulisan kata yang benar adalah memakai kh dalam kata mengkhianatiku.

“Jangan matikan keadilan!! Matikan saja Mantan ku!!”

Kemdikbud kemudian memberikan lingkaran pada tulisan Mantan ku dengan kata mantan dan ku ditulis secara pisah. Lalu, tentu memberikan jawaban atau tulisan yang benar adalah Mantanku dengan tulisan yang disambung dan tidak dipisah.

Cuitan Kemdikbud_RI yang biasanya berkaitan dengan informasi pendidikan seperti edaranpemerintah di bidang pendidikan kini diwarnai dengan informasi tata bahasa Indonesia yang benar.

Pemenuhan Nutrisi yang Tepat Hindarkan Penyakit Jantung

Previous article

Padi Reborn Launching Single Berjudul ‘Kau Malaikatku’

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan