Flash InfoHealth

Ini Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

0
manfaat air minum

STARJOGJA.COM, HEALTH – Ada banyak pilihan untuk menurunkan berat badan, salah satunya diet air putih. Diet air putih jika dijalankan sesuai anjuran, dianggap masih cukup aman untuk dilakukan. Namun, apabila dilakukan berlebihan, maka kesehatan bisa menjadi taruhannya.

Diet air putih hanya mengonsumsi air putih. Makanan dan minuman lain seperti kopi, teh, atau minuman kemasan lain juga tidak dikonsumsi.

Metode ini dianggap cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Namun diet ini hanya boleh dilakukan selama 24-72 jam, atau maksimal selama 3 hari.

Jika lebih dari tiga hari berisiko besar menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Diet selama lebih dari 3 hari ini hanya boleh dilakukan apabila sudah mendapatkan persetujuan dari dokter.

Bagaimana Cara menjalankannya?

Air putih yang dikonsumsi disarankan berjumlah 3 liter setiap hari harinya. Anda hanya akan mendapatkan cairan dari air putih, dan bukan dari asupan lain seperti buah atau sayur. Perhatikan juga durasi maksimal untuk diet air putih, yaitu tiga hari.

Setelah selesai menjalaninya, rasa lapar pasti menghampiri. Namun, jangan langsung makan terlalu banyak, karena hal ini bisa membuat Anda sakit. Makanlah sedikit demi sedikit, hingga kondisi tubuh sudah kembali terbiasa dengan makanan berat.

Anda juga dapat melakukan diet secara berselang-seling. Metode ini disebut juga dengan intermitten fasting. Artinya, pada hari-hari tertentu, Anda hanya akan mengonsumsi seperempat dari total kalori yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Contohnya adalah diet 5:2, yaitu selama 5 hari dalam satu minggu Anda makan seperti biasa, dan sisa 2 hari lainnya, Anda mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi, salah satunya dengan diet air putih.

Melakukan intermitten fasting secara rutin, disebut dapat mengurangi risiko diabetes, menurunkan indeks massa tubuh, dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika sebelumnya Anda belum pernah menjalani diet model ini , sebaiknya jangan langsung melakukannya secara penuh. Anda disarankan untuk mecoba diet air putih selama 1 hari terlebih dahulu, dan memastikan tidak ada efek samping yang membahayakan kesehatan.

Menjalani diet ini bisa melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan, seperti makan yang cukup dan konsumsi makanan yang dapat memberikan energi lebih.

Pilih waktu diet saat Anda sedang tidak banyak kegiatan, sehingga ada banyak waktu untuk istirahat. Jangan memaksakan diet jika sedang lelah atau merasa tidak enak badan. Hindari berolahraga secara berlebihan. Mulai proses diet secara perlahan, misalnya dengan mengurangi porsi makan.

Selama menjalani diet, Anda perlu mengonsumsi cukup cairan sepanjang hari. Namun, perlu diingat jangan minum terlalu banyak, karena hal itu justru akan mengganggu kesehatan Anda.

SUMBER : Bisnis.com

Desain Aplikasi Gojek Kini Banyak Ditiru

Previous article

Pertamina Resmikan Depot Pengisian Pesawat Udara untuk Dukung YIA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info