Flash Info

Peluang Indonesia Memiliki Tiga Dekakorn

0
JD.ID tutup
Startup PHK karyawan (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Bendahara Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amsevindo), Edward Ismawan Chamdani mengatakan bahwa peluang Indonesia  memiliki tiga dekakorn sangat besar.

Menurutnya peluang Indonesia  memiliki tiga dekakorn dari pertumbuhan pasar di Indonesia masih sangat besar ditambah dengan bonus demografi yang mendorong terjadinya adopsi budaya baru.

Di samping itu, berdasarkan data Google, Temasek dan Bain, diperkirakan pertumbuhan di sektor internet Indonesia sangat pesat dari USD$40miliar saat ini menjadi USD$133miliar pada 2025. Dengan pertumbuhan tersebut, kata Edward, perusahaan rintisan seperti Tokopedia, berpeluang menjadi dekakorn.

Baca Juga : OVO Jadi Unikorn Kelima Asal Indonesia

Hanya saja, sambungnya, perlu dilihat juga mengenai pandangan investor terhadap wacana Tokopedia untuk melakukan penawaran umum perdana atau initial public offerings (IPO).

“Apakah investor bursa bisa menghargai nilai tersebut? Selama masih private tentu bisa-bisa saja,” kata Edward kepada Bisnis.com Rabu (13/11/2019).

Edward juga berpendapat dalam menciptakan dekakorn perlu dilihat juga mengenai dukungan jumlah individu yang potensial membeli produk atau market size, untuk mengetahui peluang.

Dia mengatakan selain sektor finansial teknologi, sektor edukasi teknologi seharusnya cukup menjanjikan untuk menjadi dekakorn, sebab memiliki pasar yang besar.

“[Edutech potensial] karena populasi Indonesia yang besar dan subscription model mulai populer,” kata Edward.

Terkait dengan penerapan regulasi longgar dalam mendorong industri perusahaan rintisan dan penciptaan dekakorn, menurutnya, regulasi longgar tidak dapat diterapkan di semua sektor.

Dia mengatakan untuk sektor finansial teknologi, akan sulit karena menyangkut manajemen risiko yang memang harus di atur.

“Sedangkan untuk sektor lainnya tergantung kasus per kasus. Secara prinsip konsep Sandbox biasanya cukup baik untuk pembelajaran kedua belah pihak baik player maupun regulator,” kata Edward.

Sumber : Bisnis

BI Kembali Hadirkan Grebeg UMKM 2019

Previous article

Ganti Rugi Lahan Tol Tidak Pakai NJOP

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info