25 Desa di Sleman Terlayani Program Pamsimas 2019

0
program pamsimas
FOTO : Humas Pemkab Sleman

STARJOGJA.COM,SLEMAN – 25 Desa di Sleman terlayani program Pamsimas ( penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ) 2019. Peresmian program ini dilakukan pada Senin ( 02/12) di Dusun Klangkapan II, Margoluwih Seyegan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menjelaskan program ini telah dimulai sejak tahun 2017 dengan lima desa sasaran di Kecamatan Prambanan. Program ini terus meningkat menjadi 10 desa sasaran di tahun berikutnya.

”Di tahun 2019, Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat diselenggarakan di 25 desa di 11 kecamatan yakni Ngemplak, Turi, Ngaglik, Pakem, Berbah, Kalasan, Sleman, Seyegan, Cangkringan, Moyudan dan Tempel. Jumlah ini meningkat 150% dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.

Menurutnya, pembangunan ini memanfaatkan sejumlah sumber dana yakni APBN sebesar Rp. 4,9 Milyar, dana APBD sebesar Rp. 1,75 Milyar dan dana dari APB Desa sebesar Rp. 950 juta. Disamping itu program Pamsimas juga dibiayai dana dari kelompok masyarakat berupa dana Incash sebesar Rp. 380 juta dan dana In-Kind sebesar Rp1,4 juta. Keseluruhan dana yang dimanfaatkan dalam program Pamsimas adalah Rp. 9,4 Milyar.

Sri Purnomo menyampaikan bahwa program ini diperuntukkan membangun jaringan air bersih di 25 desa yang dimanfaatkan oleh 6.261 KK artau 27.750 jiwa. Disamping itu Pamsimas juga dimanfaatkan untuk membangun sarana cuci tangan di 132 sekolah dasar sebanyak serta 138 Taman Kanak-Kanak.

“Pembangunan Pamsimas merupakan pembangunan yang terus melibatkan masyarakat. Diharapkan dengan keterlibatan masyarakat, maka kemanfaatan program Pamsimas sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here