FeatureHealth

Penyakit Demam Berdarah Jadi Ancaman di Musim Hujan

0
demam berdarah di Bangladesh

STARJOGJA.COM, Info Health – Musim hujan yang melanda hampir seluruh Indonesia harus diwaspadai. Terutama penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD) yang cukup tinggi saat musim hujan.

“Demam Berdarah harus diwaspadai, artinya ada genangan air bersih ini banyak nyamuk-nyamuk dan akan membawa dengue maka harus memperhatikan lingkungan perhatikan genangan air,” Ari Fahrial Syam Dewan Pertimbangan IDI Cabang Jakarta Pusat kepada Starjogja.com Rabu 22 Desember 2020.

Tingginya kasus Demam Berdarah di Indonesia menurut Ari karena beberapa faktor. Selain endemik juga karena daya tahan tubuh yang turun saat musim hujan.

Baca Juga : Kasus Demam Berdarah di Sleman Sudah 122

“Masih DBD itu endemik sepanjang tahun jadi endemik. Jakarta juga tinggi,” katanya.

Ia menyayangkan kenapa masih banyak kasus meninggal dunia karena DBD. Sebab, penyakit ini dapat dicegah saat penanganan pertama kalinya.

“Dengue fever itu secara teori tidak meningal dunia. (Meninggal karena) terlambat atau tidak menganggap (itu bukan DBD) karena demam biasa dan bukan demam berdarah,” katanya.

Ari mengatakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit termasuk Demam Berdarah. Pertama harus menjaga daya tahan tubuh dengan tidur yang cukup dan makan buah dan sayur.

“Makan teratur tidak merokok dan alkohol lalu kedua, jaga lingkungan jaga kebersihan. Jaga lingkungan cuci tangan. Itu harus diperhatikan agar menjaga daya tahan tubuh,” katanya.

Direct Flight dari China Resahkan WNI Soal Virus

Previous article

Bunga Bangkai Mekar di Pohon Medang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature