Kab Kulonprogo

Ramai Video Balapan Liar di Underpass YIA

0
balapan liar di Underpass YIA
Foto (tangkapan layar akun media sosial Twitter)

STARJOGJA.COM, Info – Ramai video balapan liar di Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) diselidiki Polres Kulonprogo. Video berdurasi 30 detik itu ramai di media sosial dan di-repost oleh akun Twitter @jogjaupdate pada Selasa (18/2/2020) tersebut, tampak dua mobil putih melintas dengan kecepatan tinggi di dalam underpass YIA. Tak tampak dengan jelas plat nomor mobil tersebut.

Polres Kulonprogo langsung menyelidiki kebenaran video tersebut. Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto segera memanggil pelaku jika terbukti ada balapan liar.

“Kami baru lakukan penyelidikan kebenaran video tersebut. Kalau ada perkembangan kami kabarkan. Nanti kita lakukan pemanggilan,” katanya.

Baca Juga : Viral Buron Kebal Senjata Tajam, SY Dicokok Polisi

“Dari video yang viral kita nggak bisa lihat itu [plat nomor], kita selidiki lebih lanjut dulu.”

Kapolres Kulonprogo. AKBP Tartono menerangkan jika balapan liar di underpass YIA tidak berizin.

“Tidak berizin dan mengganggu fasilitas umum,”ujarnya.

Pejabat Pembuat Komitmen Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah DIY Kementerian PUPR, M. Syidik Hidayat mengatakan jika underpass tidak boleh dijadikan lokasi balapan liar.

“Nanti kami cek dulu. Ada cctv. Standarnya 40 kilometer/jam,”ujarnya.

Mulai Uji Coba Underpass

Underpass YIA di Kapanewon Temon, Kulonprogo, sudah diujicoba pada Jumat (24/1/2020) lalu. Dalam uji coba itu, warga dipersilakan menjajal terowongan sepanjang 1,4 kilometer itu dengan mengayuh sepeda ontel.

Pejabat Satker PJN Wilayah Provinsi DIY Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Sidik Hidayat, menuturkan instansinya akan memfasilitasi warga yang ingin menjajal underpass dengan menggowes meski sebenarnya sepeda dilarang melewati terowongan.

Uji coba ini dilakukan tanpa batasan waktu, meski ada kemungkinan untuk ditutup di masa mendatang jika  ada evaluasi yang mengharuskan terowongan ditutup. Sidik mengimbau masyarakat yang hendak melintasi underpass agar menaati rambu-rambu lalu lintas.

“Jalan kaki saja tidak boleh sebenarnya. Jalur di dalam itu jalur inspeksi, bukan untuk pejalan kaki,” katanya.

Jalur inspeksi adalah jalur untuk kondisi darurat. Ada beberapa titik pintu darurat yang menghubungkan terowongan ke bagian atas yang menjadi lokasi bandara.

Di dalam underpass terpanjang di Indonesia ini juga telah dipasang CCTV yang dapat mengantisipasi tindakan kriminal.

 

Cover Lagu di Youtube Jadi Trend di Jogja

Previous article

Ini Cara Ajukan Keringanan Pembayaran PBB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *