Kab Bantul

1 Warga Bantul Positif Virus Corona Pejabat Publik

0
perawat ditipu
Para petugas medis merawat seorang pasien di unit perawatan intensif virus corona di Rumah Sakit Brescia Poliambulanza, Lombardy, Italia, 17 Maret 2020. (Foto: AFP)

STARJOGJA.COM, Info – Satu orang pasien asal Bantul yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona adalah pejabat publik. Saat ini Dinas Kesehatan Bantul tengah melakukan contact tracing atau menelusuri orang-orang yang pernah bersinggungan langsung dengan pasien positif corona tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso membenarkan pasien positif Covid-19 tersebut merupakan pejabat publik di Bantul. Pasien merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di instansi vertikal Pemerintah Pusat.

Pasien itu awal terjangkit di Jakarta karena rumahnya memang di Jakarta sehingga sering pulang pergi Jakarta-Bantul. “Setelah beberapa hari sakit kemudian dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul. Yang dikeluhkan batuk lama, panas tinggi disertai sesak, tapi sekarang kondisinya sudah stabil,” kata Sri Wahyu Joko Santoso, yang biasa disapa dokter Oky, dalam jumpa pers di Parasamya I Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Jumat (20/3/2020).

Baca Juga : Pasien Anak Positif Corona di Jogja Dinyatakan Sembuh

Saat ini pihaknya tengah melakukan penelusuran terhadap orang yang berainggungan langsung dengan pasien tersebut, baik bersinggungan atau bertemu di temat kerja, dan lingkungan keluarga. “Sudah sekitar 90 orang yang kita lakukan contact tracing dan lakukan pemeriksaan,” kata Oky.

Hasil penelusuran tersebut, kata Oky, sebagian masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) bagi yang mengalami gejala seperti batuk, pilek, atau panas tinggi. Sementara yang tidak masuk kategori ODP tetap masuk dalam kategori resiko sehingga tetap diminta mengisolasi diri selama 14 hari.

Ia tidak menyebut yang diisolasi dan masuk ODP tersebut. Namun Oky memastikan sudah melakukan pemeriksaan terhadap yang bersinggungan dengan pasien positif. Satu orang pasien positif Covid-19 itu merupakan bagian dari 9 pasien dalam pengawasan (PDP). Dari sembilan PDP tersebut satu orang meninggal dunia.

 

Sumber : Harianjogja

Cegah Corona, Akses BPJS Kesehatan via Mobile JKN

Previous article

Saat Tepat Menghadapi Penyebaran COVID-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul