Flash InfoTechno

Ini Aplikasi Lacak Pasien Covid-19

0
penularan virus Covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat aplikasi lacak pasien Covid-19. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate aplikasi tersebut setara dengan yang dikembangkan di Singapura atau aplikasi TraceTogether.

“Pada intinya aplikasi lcaak pasien covid-19 ini dikembangkan atau dibuat agar mampu melakukan tracing tracking dan fencing, sehingga usaha kita untuk memutus jalur sebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan baik dan cepat,” kata Johnny.

Johnny menambahkan nantinya aplikasi akan terpasang pada smartphone dari pasien positif Covid-19 untuk memberikan penanganan darurat apabila diperlukan oleh pasien.

“Aplikasi dapat melakukan tracing, tracking dan fencing, serta dapat memberikan warning (peringatan) jika melewati lokasi isolasinya,” kata Johnny.

Aplikasi Lacak Pasien Covid-19 buatan dalam negeri untuk melacak penyebaran virus corona itu dinamai PeduliLindungi. Sempat beredar kabar, aplikasi itu dinamai TraceTogether namun belakangan telah diklarifikasi.

“Itu [PeduliLindungi] nama nasionalnya,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli, dilansir Antara, Jumat (27/3/2020).

Kominfo menjelaskan bahwa nama Tracetogether diganti menjadi aplikasi PeduliLindungi, agar tidak ada kesan plagiat. Menurut Ramli yang dimaksud oleh Menkominfo adalah aplikasi sejenis TraceTogether, karena di dalamnya juga terdapat beberapa fitur yang sama.

“Di situ mention sejenis Tracetogether. Ini nama umumnya meng-trace, seperti kita menyebutkan printer, infocus, dan lainnya. Ini aplikasi bekerja seperti trace,” imbuhnya.

Adapun aplikasi PeduliLindungi kini sedang dikembangkan oleh Kominfo dan akan segera diuji coba dalam waktu dekat.

Ganjar Pranowo : Tidak Usah Mudik!

Previous article

Disdukcapil Sleman Hentikan Layanan Tatap Muka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info