Kota JogjaNews

DIY Tunggu Data Untuk Cairkan Bantuan Covid-19

0
PPKM dihapus
Sultan Sapa Aruh di Kepatihan (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – DIY Tunggu Data Untuk Cairkan Bantuan Covid-19. Pemda DIY tak ingin buru-buru cairkan anggaran bantuan untuk Mereka yang terdampak Covid-19.  Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan Saat ini DIY masih menunggu pemerintah pusat beraksi agar bantuan nantinya tidak tumpang tindih.

Diketahui pemda DIY sudah menganggarkan lebih dari Rp 246 miliar. Sultan mengatakan angka itu masih terus bergerak. Anggaran yang disiapkan itu difokuskan untuk penanganan tiga aspek ikutan Virus Corona yakni kesehatan, ekonomi dan jaring pengaman sosial.

Status tanggap darurat yang sampai saat ini diberlakukan di DIY menurut Sultan sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan realokasi anggaran. DIY Tunggu Data Untuk Cairkan Bantuan Covid-19.

Alokasinya sudah, hanya menunggu kalau untuk tenaga kerja jangan sampai dobel dalam arti pemerintah pusat kan juga memberi untuk orang miskin dan PHK. Jangan sampai Jakarta memberi, kita juga memberi,” ungkap Sultan kepada awak media, Selasa (14/04).

Bagi mereka yang mengalami PHK, bisa mengajukan permohonan ke dinas terkait walau faktanya dinas terkait juga sudah melakukan pendataan.

Namun kendala yang ada di lapangan adalah pendatang yang belum diketahui statusnya, apa masuk PHK atau bukan.

“Misalnya saya pegawai industri yang ada di Bekasi atau di Jakarta. Saya ini sebetulnya kembali ke Yogya, ning saya terdaftar nggak dalam bantuan Rp 3,55 juta itu. Kalau terjadi, dan saya terlanjur pulang, nanti dobel. Kan ini yang agak nggak mudah,” urainya.

Terkait desakan ke pusat untuk mempercepat data penerima bantuan jaring pengaman sosial, Sultan mengatakan hal tersebut belum akan dilakukan. Namun begitu DIY baik dari provinsi maupun kabupaten/kota siap mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial warga terdampak Corona.

Pengemudi Taksi Terimbas Covid-19

Previous article

Penumpang Bus Dilarang Diturunkan Sembarangan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja