Health

Alasan Singapura dan Hong Kong Perpanjang Lockdown

0
liburan orang indonesia
singapura

STARJOGJA.COM, Info – Singapura dan Hong Kong memutuskan memperpanjang masa lockdown-nya hari ini di tengah keputusan sejumlah negara yang justru melonggarkan pembatasan sosial untuk mengatasi wabah virus Corona (Covid-19).

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP), Selasa (21/4/2020), Singapura akan memperpanjang masa lockdown secara bertahap hingga 1 Juni 2020, lantaran masih mencatatkan kenaikan kasus Covid-19 yang cukup tajam.

Keputusan itu diambil setelah pemerintah menutup perkantoran sejak 8 April selama 1 bulan. Hal tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada hari ini.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Lee mengatakan bahwa negara dengan jumlah penduduk 5,7 juta jiwa itu perlu melanjutkan social distancing atau yang disebut sebagai circuit breaker guna menghentikan laju pertumbuhan Covid-19.

Hingga hari ini, Singapura mencatatkan kasus Covid-19 hingga 9.125 orang atau artinya paling tinggi di Asean. Pemerintah setempat akan kembali mempertimbangkan pencabutan lockdown setelah 1 Juni .

“Saya berharap kalian mengerti bahwa penderitaan jangka pendek ini untuk membasmi virus, melindungi kesehatan, keamanan orang-orang tercinta dan menghidupkan kembali ekonomi kita,” ujarnya.

Sementara itu, laporan Channel News Asia hari ini juga mengungkapkan bahwa pemerintah Hong Kong akan memperpanjang pembatasan selama 14 hari untuk menjaga jumlah kasus Covid-19 tetap rendah, kata Ketua Eksekutif Carrie Lam.

Perpanjangan itu diputuskan ketika pemerintah di seluruh dunia, termasuk Australia, Jerman, dan Amerika Serikat secara bertahap melonggarkan lockdown atau sedang bersiap melakukannya.

Hong Kong mencatat nol kasus virus Corona baru pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak awal Maret. Kota ini telah mengkonfirmasi total 1.025 kasus dan empat kematian sejak wabah dimulai pada Januari.

Hong Kong melarang pertemuan publik lebih dari empat orang selama 14 hari sejak 29 Maret dan kemudian memperpanjang pembatasan itu hingga 23 April. Dengan adanya keputusan ini, lockdown akan diperpanjang sampai 7 Mei 2020.

Seperti diketahui, beberapa negara dengan jumlah kasus tertinggi seperti Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Perancis, dan beberapa negara Eropa lainnya justru berencana atau bahkan sudah melonggarkan lockdown.

Beberapa pertokoan sudah mulai dibuka. Pekerja di sektor seperti manufaktur sudah mulai kembali bekerja.

WHO mencatat total kasus Covid-19 di dunia mencapai 2.314.621 dengan angka kematian mencapai 157.847 jiwa.

Wilayah Eropa menjadi yang tertinggi dengan jumlah kasus sebanyak 1.149.071 atau hampir 50% dibandingkan dengan regional lainnya.

Sumber : Bisnis

Edukasi Pedagang Pasar, Disperindag Sleman Bagikan 13.200 Masker

Previous article

Italia Segera Longgarkan Lockdown

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health