News

Hindari Rasa Cemas dengan Cara ini

0
kecemasan pandemi Covid-19
Ilustrasi seseorang yang mengalami kecemasan

STARJOGJA.COM, Info – Rasa cemas yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan baik fisik maupun psikis, termasuk masalah kesehatan perut seperti asam lambung, mual, diare, dan lain sebagainya.

Mellia Christia, Psikolog dan staf pengajar bidang studi Psikologi Klinik Fakultas Psikologi Universitas Indonesia mengatakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas adalah dengan metode relaksasi.

“Ketika merasa cemas, maka situasi akan tegang. Salah satu kompensasinya ya dengan rileksasi,” ujarnya dalam Ngabuburit Online bersama redaksi Bisnis Indonesia, Jumat (8/5/2020).

Baca juga : Hati-hati, Mahasiswa Yang Alami Kecemasan Bisa Berakibat Putus Kuliah

Metode relaksasi yang bisa dilakukan bermacam-macam mulai dari mengatur pernapasan, berdoa atau berzikir bagi yang beragama muslim sehingga merasa lebih tenang, meditasi, serta berpikir positif.

Mellia mengatakan untuk metode rileksasi pernapasan, hal pertama yang harus dipahami adalah menghayati proses bernapas itu sendiri. Setelah itu, carilah tempat yang cukup tenang. Kemudian, lakukan pernapasan diafragma dengan menghirup napas dalam-dalam lewat hidung lalu masukkan udara ke dalam perut kemudian keluarkan kembali melalui hidung.

“Untuk tahu ini pernapasan diafragma atau tidak, kita harus melihat bahwa saat menghirup napas perut kembang, dan saat menghembuskan napas perut mengecil atau mengempis,” tuturnya.

Lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga merasa lebih tenang. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah fokus pada proses bernapas itu sendiri, rasakan ketika udara masuk dan tersimpan ke dalam perut, begitu pula ketika udara keluar juga harus dinikmati, sambil mengendalikan pikiran agar lebih positif.

Sumber : Bisnis

Risiko Penderita Jantung Terinfeksi Corona

Previous article

Nasib Ousmane Dembele TIdak Jelas karena Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News