Kota JogjaNews

Satgas Gumaton Jaga Kedisiplinan Warga Yogyakarta

0
satgas gumaton
FOTO : Humas Polresta Yogyakarta

STARJOGJA.COM, JOGJA – Satgas Gumaton Jaga Kedisiplinan Warga Yogyakarta. Polresta Yogyakarta membentuk tim satuan tugas (Satgas) guna mengamankan dan menjaga kedisiplinan masyarakat yang berkunjung ke wilayah Tugu, Malioboro, hingga Keraton di masa pandemi Covid-19. Satgas berjuluk GUMATON (TUGU – MALIOBORO – KRATON) ini akan disiapkan di sepanjang kawasan tersebut.

Tujuannya, adalah untuk memastikan masyarakat benar-benar patuh terhadap protokol kesehatan yang diserukan pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kabag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sartono, menyebut satgas yang melibatkan jajaran TNI dan Pemkot Yogyakarta ini akan bertugas di sepanjang Mal Malioboro – DPRD DIY – Kepatihan – Pasar Beringharjo – Beteng Vredeburg – Titik Nol – Alun-alun Utara Yogyakarta – Alun-alun Selatan.

“Konsepnya seperti kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Jadi petugas bergerak melalui kegiatan preventif untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya Sabtu (13/6/2020).

Sartono mengatakan Personel akan berjaga mulai pekan ini hingga di penghujung tahun guna memastikan penyebaran Covid-19 tidak meluas. Satgas GUMATON beranggotakan personel Polisi Obyek Vital yang lebih dikenal Polisi Pariwisata, anggota Sat Sabhara dan Sat Binmas Polresta Yogyakarta.

Dia menyatakan, di masa pandemi Covid-19 masih cukup banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan saat bepergian ke luar rumah.

Selain itu, kerumunan dalam jumlah besar juga kerap terjadi di ruang-ruang publik.

“Bentuk kegiatannya pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, imbauan, sosialisasi/ edukasi, teguran, serta menejemen media. Kita harapkan masyarakat bisa mengikuti aturan yang berlaku selama pandemi ini,” tambahnya.

Ini Rahasianya Wanita Punya Daya Ingat Moncer di Usia Tua

Previous article

Plasma Darah Belum Terbukti Efektif untuk Obati Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja