Kab GunungkidulNews

Uji Coba Pembukaan Wisata Gunungkidul Diperpanjang

0
Desa Wisata Nglanggeran

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Uji Coba Pembukaan Objek Wisata Diperpanjang. Kepastian itu disampaikan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul. Rencananya, uji cobadi 4 obyek wisata itu berakhir Selasa (30/6/2020), namun berdasarkan evaluasi diperpanjang hingga 31 Juli 2020.

Sekretaris Dispar Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan jajarannya memutuskan untuk memperpanjang uji coba pembukaan destinasi wisata. Untuk lokasinya masih tetap sama yakni River Tubing Kalisuci, Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron dan Pantai Kukup.

“Untuk objek wisata lainnya masih harus menunggu kesiapan dan koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gunungkidul,” kata Hary.

Menurut dia, selama uji coba hingga Senin (29/6), di empat destinasi jumlah kunjungan sebanyak 12.372 wisatawan. Jumlah ini masih didominasi oleh pengunjung ke kawasan pantai. Adapun sebaran asal wisatawan paling banyak dari wilayah Kota Jogja dan Solo Raya. “Masih seputar Jawa Tengah dan DIY,” katanya.

Hary memastikan selama uji coba berlangsung jajarannya tidak mematok target kunjungan wisatawan. Menurutnya, target lebih kepada pelaksanaan tata laksana kepariwisataan di era normal baru yang erat kaitannya dengan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19.

“Selama uji coba ada beberapa catatan, salah satunya adanya pengunjung yang mencopot masker atau masih bergerombol saat berada di lokasi. Itu semua menjadi bagian yang harus diperbaiki selama perpanjangan masa uji coba,” katanya.

Meski demikian, di masa perpanjangan ada pelonggaran terhadap kendaraan yang masuk ke destinasi karena bus besar sudah diperbolehkan masuk ke objek.

“Ada aturan yang harus dipatuhi. Nanti kami akan melakukan simulasi terkait dengan masuknya bus besar ke destinasi wisata,” katanya.

Selain itu, selama perpanjangan uji coba pembatasan waktu dan jumlah wisatawan yang berkunjung tetap berlaku.

“Untuk pantai maksimal 7.000 orang per hari,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono, mengungkapkan jajarannya berkomitmen membantu Pemkab dalam upaya pembukaan destinasi wisata, khususnya di kawasan pantai. Selama uji coba anggota SAR tidak hanya mengawasi keamanan pengunjung, tetapi juga ikut menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Corona.

“Banyak wisatawan yang nekat membuka masker saat di pantai. Kami terus mengingatkan agar protokol kesehatan terus dijalankan untuk mencegah penyebaran virus Corona,” katanya.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Minum Kopi lalu Kembung Ternyata ini Penyebabnya

Previous article

Ini Protokol Kesehatan di Kegiatan Kebudayaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *