Flash Info

PM Selandia Baru Lockdown Kota Auckland Lebih Lama

0
Selandia Baru lockdown
PM Selandia baru Jacinda Ardern resmi bertunangan (reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern akan mengakhiri lockdown kota Auckland pada tengah malam 30 Agustus 2020. Pengumuman PM Selandia Baru soal lockdown kota Auckland ini lebih lama empat hari dari awalnya.

PM Selandia Baru mengakhiri masa lockdown kota Auckland ini lebih lama empat hari untuk memastikan penyebaran Covid-19 terkendali.

“Empat hari ekstra ini diyakini diperlukan untuk memungkinkan kami turun satu level [waspada] di Auckland, dan tetap di bawah,” katanya, dilansir Bloomberg, Senin (24/8/2020).

Baca Juga : Pengangguran Selandia Baru Menurun Selama Lockdown

Auckland menyumbang lebih dari sepertiga produk domestik bruto Selandia Baru dan menjadi rumah bagi 1,6 juta orang. Kota itu dimasukkan ke dalam penguncian level 3 pada 12 Agustus ketika empat kasus ditemukan.

Kasus baru tersebut mengakhiri 102 hari bebas Covid-19 di negara itu, sementara negara lainnya ditempatkan ke level 2, yang mengharuskan pembatasan jarak sosial diberlakukan kembali.

Ardern mengatakan Auckland akan bergeser ke level 2 pada 31 Agustus, memungkinkan sekolah, perhotelan, ritel, dan entitas lainnya dibuka kembali, meskipun sebagian besar pertemuan akan tetap dibatasi tidak lebih dari 10 orang.

Ardern menambahkan wilayah lain di Selandia Baru akan tetap di level 2, dengan peninjauan lebih lanjut dari semua pengaturan yang akan dilakukan pada 6 September.

Selain itu, dia mengatakan pemerintah akan mengamanatkan penggunaan masker di angkutan umum di level 2 atau lebih tinggi.

Sebelumnya, klaster Auckland telah meningkat menjadi 101 kasus dan sumber aslinya tetap menjadi misteri.

“Ini adalah klaster yang terkurung, tapi ini yang terbesar. Artinya ekornya akan panjang, dan kasusnya akan terus berdatangan untuk sementara waktu. Tapi kita bisa mengaturnya. Namun, yang perlu kami lakukan adalah menempatkan diri kami pada posisi jangka panjang terbaik untuk mengelolanya dengan sukses, dan dengan cara yang paling terkendali,” katanya.

Ekonom di Westpac Banking Corp. telah memperkirakan penguncian Auckland akan mengurangi PDB sekitar NZ$300 juta dolar (US$196 juta) seminggu. Dia juga mencatat ada ruang untuk peningkatan aktivitas ketika pembatasan dicabut.

Pemerintah pekan lalu memperpanjang subsidi upah nasional untuk bisnis yang terdampak pandemi, dengan mengatakan akan menjamin sekitar 930.000 pekerja. Skema ini berlaku selama lockdown Auckland, Selandia Baru.

Sumber : Bisnis

Bayu

Bantul Mulai Razia Masker, Denda Bisa Rp100.000

Previous article

Pengadaan Tanah Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Mulai Sosialisasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info