Kota JogjaNews

Ekonomi Jogja Mulai Menggeliat

0
Ekonomi jogja

STARJOGJA.COM – Aktivitas ekonomi di Kota Jogja setelah sekitar satu semester terdampak pandemi Covid-19 dinilai mulai menggeliat, namun belum maksimal karena tidak terjadi secara merata di seluruh bidang usaha.

“Sebagian sektor usaha di Kota Yogyakarta mulai kembali menggeliat, mulai bisa bernafas meski belum semuanya bisa dilakukan secara maksimal,” kata Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi dikutip dari Antara (13/9).

Menurut Heroe, berdasarkan survei secara acak yang dilakukan di sejumlah tempat usaha, seperti pasar tradisional diketahui omzet pedagang saat ini rata-rata sekitar 50 persen, bahkan masih ada toko atau kios yang belum mampu mengembalikan omzet mereka seperti saat sebelum terjadi pandemi Covid-19.

Baca juga : 350 Warga Bantul Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Sembako

“Ada toko yang hanya memperoleh tiga hingga lima konsumen dalam satu pekan. Warung-warung makan pun masih ada yang belum bisa mengembalikan omzet mereka seperti kondisi normal,” katanya.

Heroe memperkirakan, geliat ekonomi di Kota Jogja akan kembali pada kondisi normal apabila kegiatan pariwisata dan pendidikan sudah bisa berjalan dengan normal.

“Yogyakarta sangat mengandalkan roda perekonomiannya dari pendidikan dan pariwisata. Keberadaan mahasiswa, pelajar, dan wisatawan menjadi pengungkit perekonomian di kota ini,” katanya.

Oleh karena itu, Heroe mengatakan, pada kondisi yang belum normal seperti saat pandemi, Pemerintah Kota Jogja tidak bisa menghitung secara pasti pertumbuhan ekonomi pada tahun ini hingga akhir tahun.

“Dalam masa pandemi seperti saat ini, prediksi pertumbuhan ekonomi sangat sulit dihitung karena tidak ada angka-angka normal yang bisa dijadikan patokan untuk hitungan,” katanya.

Meskipun demikian, Heroe menyebut Pemerintah Kota Jogja tetap akan berupaya untuk menjaga kondisi perekonomian dengan baik sehingga aktivitas perekonomian tetap berjalan.

“Agar perekonomian tetap berjalan dan pencegahan penularan Covid-19 bisa dilakukan maksimal, maka satu-satunya jalan adalah menjalankan seluruh protokol kesehatan secara disiplin. Tidak ada cara lain,” katanya.

Pelaksanaan protokol kesehatan, lanjut dia, tidak boleh disepelekan atau dianggap enteng, apalagi aktivitas perekonomian tidak bisa dilepaskan dengan banyaknya interaksi antar orang.

“Supaya semuanya tetap aman dan nyaman, maka protokol kesehatan itu yang harus dijalankan. Butuh kesadaran semua pihak supaya bisa menjalankan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Sebelumnya, Bappeda Kota Jogja menyusun prediksi pertumbuhan ekonomi berdasarkan berbagai asumsi dan memperkirakan pertumbuhan ekonomi bisa minus 2,2 persen untuk asumsi pesimis, pada asumsi moderat tumbuh 0,35 persen dan untuk asumsi optimis naik 2,07 persen.

Sumber : Antara

Bayu

350 Warga Bantul Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Sembako

Previous article

Kota Jogja Bidik Gedung Pemerintah Sebagai Tempat Isolasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja