Culinary

Resep Sop Tomat Kacang ala Agradaya yang Menyehatkan

0
Sop tomat kacang
Sop tomat kacang (inst)

STARJOGJA.COM, Info – Sop tomat kacang yang menyehatkan menjadi menu andalan dari kedai Agradaya. Membuat sop tomat kacang untuk 3-4 orang membutuhkan resep dengan bahan-bahan seperti ini:

Tomat segar 1 kilogram

Garam secukupnya

1 sdm Ghee

Thyme kering secukupnya

1/2 sdt Kunyit bubuk Agra

Cilantro secukupnya

2 buah Bawang putih

1 buah Bawang Bombay

Kacang-kacangan:

3 sdm Kedelai hitam

5 sdm Kacang tholo

2 sdm Lentil

2 sdm Kacang merah

1 genggam Kacang Arab

Cara Memasak

1. Rendam aneka kacang-kacangan sehari semalam,

2. Cuci dan bilas.

3. Rebus selama 40 menit sampai empuk.

4. Cuci bersih tomat, dan haluskan hingga menjadi jus di food precessor

5. Geprek dan cincang halus bawang putih dan cincang bawang bombay.

6. Siapkan wajan dan panaskan, masukkan ghee. Lalu masukkan bawang putih, bawang bombay, thyme kering tumis sampai harum.

7. Masukkan jus tomat, aduk beberapa saat, masukkan kacang-kacangan.

8. Masak sampai jumlah air berkurang dan rasa umami mulai keluarga.

9. Masukkan bumbu kunyit, masak kembali hingga sop mulai mengental. Ambil sebagian kacang-kacangan hingga sop mulai mengental, ambil sebagian kacang-kacangam dari wajan, haluskan sedikit di food processor dan masukkan kembali ke wajan.

10. Terakhir, masukan cilantro, siap disajikan bersama roti cibatta.

Agradaya adalah kedai yang mengandalkan rempah-rempah dalam menyajikan minuman dan makanannya. Menurut CEO dan Founder Agradaya Andhika Mahardhika kekayaan alam Indonesia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga : Makanan Beku Jadi Tren Baru Bisnis Kuliner

Sayangnya, pengolahan pasca panen belum optimal dalam memanfaatkan rempah-rempah. Para petani di Indonesia masih kurang edukasi untuk mengelola pasar rempah-rempah, yang kemudian yang membuat hasil panen dijual mentah. Kalau pun menjadi produk, umumnya rempah-rempah hanya berakhir menjadi jamu. Sementara produk jamu menerima label minuman pahit, tidak enak, dan kalah tren dari minuman sejenis kopi atau teh.

Bersama istri, Nurrahma Asri Saraswati, keduanya pun pindah dari hiruk pikuk ibukota ke Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, membangun Agradaya.

“Kami melihat ada peluang masyarakat desa khususnya petani diarahkan mengolah rempah untuk kesehatan. Sehingga kami pun memulai kerjasama pengolahan pasca panen dengan teknologi,” ujar Andhika.

Sejak 2014 mulai memberdayakan petani di desa, barulah pada 2016 Agradaya memperluas kemitraan dengan kelompok tani di beberapa daerah di Yogyakarta dan Jawa Timur menggunakan teknologi solar dryer house.

Teknologi ini adalah teknologi yang tidak mengandalkan gas untuk pengeringan rempah-rempah, melainkan hanya memakai sinar matahari dan biomassa. Proses pengeringan dilakukan dalam ruang pengering dengan perlengkapan tertentu. Alhasil dengan mengadalkan metode ini penggunaan energi pun relatif lebih hemat.

Kini Agradaya mengelola kelompok petani di Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Trenggalek. Total petani yang bekerjasama dengan Agradaya ada 317 orang dengan total luas lahan sekitar 50 hektar pada 6 desa di 2 provinsi.

Jenis hasil pertanian rempah-rempah ini terdiri dari kunyit, jahe, temulawak, cengkeh, dan kapulaga. Hasilnya Agradaya kini memproduksi lebih dari 15 produk olahan.

Sumber : Bisnis

Makam Pasien Positif Covid-19 di Irak Mulai Digali

Previous article

Masyarakat Harus Izin saat Pengumpulan Uang dan Barang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary