FeatureNews

Isu Tsunami 20 Meter Selatan Jawa Ini Respon BMKG Jogja

0
tsunami jawa 20 meter
BMKG Jogja (Hadi)

STARJOGJA.COM, Info – Hasil kajian dari sejumlah ilmuwan ITB soal potensi Tsunami setinggi 20 meter yang melanda selatan pulau Jawa cukup membuat masyarakat khawatir. Pihak BMKG Jogja mencoba meluruskan maksud dari hasil kajian beberapa ilmuwan ITB tersebut dan meminta masyarakat tetap tenang.

” Kajian yang telah dibuat beberapa ilmuwan dari ITB, ada juga dari LIPI, adalah membuat model jika ada gempa yang terjadi di daerah megathrust itu bisa sampai ketinggan 20 meter, itu cuma model,” ujar Riyadi selaku pengamat ahli dari BMKG jogja, Selasa ( 29/09/20 ).

Riyadi mengatakan bahwa model ini dibuat untuk memperkuat sistem mitigasi yang ditujukan untuk segala aspek. BMKG juga sudah mempelajari medan-medan disekitar daerah yang berpotensi tsunami beserta dengan jalur evakuasinya jika hal ini terjadi.

Baca juga : Warga Wediombo Waswas Kabar Pantai Selatan Potensi Tsunami

” Ini juga terkait dengan perilaku masyarakat sekitar lokasi yang berpotensi, jika bencana seperti itu terjadi mereka sudah siap, intinya seperti itu,” ujar Riyadi.

Riyadi menambahkan saat ini aktivitas gelombang perairan pantai selatan sedang tinggi-tingginya karena adanya angin yang berhembus cukup kencang dari arah tenggara. Angin yang berhembus sangat kencang ini berdampak pada tinggi gelombang perairan tersebut.

Pihak BMKG Jogja menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik soal isu potensi tsunami setinggi 20 meter di pantai selatan. Menurutnya, saat ini masih ada bahaya penyakit Covid-19 yang mengancam.

” Mari kita berdoa bersama-sama agar Daerah Istimewa Yogyakarta dijauhkan dari segala macam bencana,” tutup Riyadi.

Penulis : Muhammad Hadi Fathoni

Bayu

Cek, Ini 10 Tanda Mencari Ayah yang Baik

Previous article

Malam Ini Nonton Film Penumpasan Gerakan PKI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature