Feature

Jalan Jalur Evakuasi Merapi Sudah Diaspal

0
penggembungan gunung Merapi
Ilustrasi Guguran Gunung Merapi. FOTO : BPPTKG

STARJOGJA.COM, Info – Gunung Merapi tengah naik status ke level III. Jalur evakuasi yang sebelumnya rusak menurut Panewu (Camat) Cangkringan Suparmono jalan jalur evakuasi Merapi itu sudah diperbaiki.

“Dari Klangon sampai Glagahharjo ada dua poros jalan yang satu 1,9 satunya sepanjang 1,2 sudah diperbaiki,” katanya kepada Starjogja.com, Kamis (12/11/2020).

Suparmono mengatakan jalur evakuasi yang diperbaiki itu langsung dikerjakan oleh dinas terkait. Sehingga jalur tersebut sudah bisa dilalui warga.

Baca juga : Merapi jadi Siaga, Kelompok Rentan Mulai Dievakuasi

“Yang sepanjang 1,2 di aspal, 1,9 sudah dicorblok dalam waktu dekat jalur pengungsian sudah mulus sudah diperbaiki pemerintah daerah,” katanya.

Terkait respon warga dalam menghadapi erupsi Gunung Merapi pihaknya menjelaskan warganya sangat responsif. Bahkan beberapa warga melakukan evakuasi mandiri.

“Mereka sangat kooperatif mengikuti anjuran pemerintah kelompok rentan turun ya turun mereka mengikuti anjuran pemerintah. Setiap tahun latihan mitigasi bencana. Mereka sudah sangat paham. Mereka evakuasi mandiri tanpa kita jemput, mereka menyiapkan pengungsian dan mereka turun dengan suka rela. Itu kesadaran dari pengalaman dari tahun 2010 dulu,” katanya.

Bayu

Warga Pengungsi Erupsi Gunung Merapi Butuh Masker hingga Susu

Previous article

Australia Memberikan Pinjaman ke Indonesia untuk Apa?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature