Kota JogjaNews

Atasi Kecanduan Gadget Lewat Komitmen Orangtua

0
komitmen orangtua
FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Atasi Kecanduan Gadget Lewat Komitmen Orangtua. Gadget memberikan kemudahan mengakses dunia luar. Meski begitu, kebebasan di dunia digital tetap harus dikontrol dan diawasi terutama pada anak. Perlu komitmen bersama antara orang tua dan anak untuk menggunakan gadget.

Nuryuwono, Kasi Pensosmas Dinsos DIY mengatakan penggunaan gadget bagi anak yang tidak dipantau dapat berakibat buruk bagi tumbuh kembang anak. Pemakaian gadget dapat memicu kecanduan yang membuat perilaku anak dapat berubah.

“Ketidakmampuan orang tua yang tidak mengontrol dapat berdampak buruk pada anak. Orang tua harus mengarahkan pemakaian gadget untuk hal positif utamanya untuk proses belajar dan memperoleh pengetahuan baru,” terangnya.

Sementara itu, Ari Ketua Pensos DIY mengatakan penggunaan gadget pada anak-anak khususnya di bawah tiga tahun harus diawasi dengan ketat. Orang tua harus membatasi waktu penggunaan gadget dalam seharinya. Tidak disarankan untuk membebaskan penggunaan gadget.

” Anak memerlukan lebih banyak aktivitas fisik. Pasalnya, anak-anak perlu dilatih agar berkembang secara fisik, mulai dari gerakan tangan, kaki, motorik, dan sebagainya,” jelasnya,

Menurut Ari, pembatasan ini bukan berarti penggunaan gadget tidak memiliki dampak positif bagi anak sama sekali. Namun, ketika ponsel digunakan secara berlebihan, hal itu akan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak. Anak tidak mendapatkan kegiatan dunia nyata yang seharusnya mereka jalani.

” Orangtua harus berani membuat keputusan dan komitmen bersama keluarga untuk tidak mengenalkan gadget sejak balita hingga beranjak remaja,” tegasnya.

Bob Dylan Menjual Hak Cipta Semua Lagunya

Previous article

Flu Burung, Korea Selatan Musnahkan 2,7 Juta Unggas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja