Kota JogjaNews

Sultan Ajak Warga Imunisasi Covid-19 Tanpa Sanksi

0
sultan vaksin

STARJOGJA.COM, JOGJA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak warganya dengan kesadaran mengikuti program vaksinasi COVID-19 tanpa disertai pemberian sanksi bagi penolaknya.

“Mungkin agak berbeda dengan daerah lain, dengan kepercayaan akan kearifan lokal masyarakat DIY, tidak akan dilakukan sanksi,” kata Sultan HB X saat memberikan sambutan dalam Vaksinasi COVID-19 Perdana di DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

Sultan meyakini seluruh lapisan masyarakat di DIY pada gilirannya nanti dengan penuh kesadaran akan siap untuk divaksinasi khususnya yang memiliki usia 18 sampai 59 tahun.

“Ada pun bagi lanjut usia (lansia) akan diberikan setelah datangnya vaksin aman yang diperuntukkan khusus bagi lansia,” kata dia.

Ia berharap seluruh masyarakat dapat menjadi subjek untuk menangkal penyebaran virus COVID-19.

“Secara sadar untuk saling membantu dan menjaga, sehingga tercipta imunitas di masyarakat (herd immunity) guna menangkal penyebaran virus COVID-19,” kata dia.

Ia menjelaskan jatah vaksin COVID-19 yang bakal diterima DIY total sebanyak 2.605.179 dosis. Jatah ini akan diterapkan dalam 4 tahap yakni bagi tenaga kesehatan, pelayanan publik, masyarakat rentan, dan pelaku ekonomi esensial, termasuk masyarakat umum.

“Sementara, baru 26.806 dosis vaksin dikirimkan pada tahap pertama ini. Berdasar data, setidaknya ada 36.247 tenaga kesehatan di DIY yang sudah terdaftar,” kata dia.

Sumber : Antara

Keren ! Smartwatch ini Bisa Deteksi Corona

Previous article

Ini Lho Manfaat Daun Srikaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja