Health

Permen Antidiabetes dari Limbah Kulit Salak  

0
permen antidiabetes
STARJOGJA.COM, Info – Empat mahasiswa UGM berhasil mengolah limbah kulit salak menjadi permen yang aman kaya kandungan gizi termasuk antidiabetes bernama Salacca Soft Candy. Aulia Nur Aeni Kholisoh, mahasiswa Fisipol pengembang permen limbah kulit salak mengatakan idea awal pembuatan permen tersebut bermula dari keprihatinan mereka terhadap nasib petani salak yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya petani salak di Srumbung, Magelang.
Sejak pandemi, petani salak di daerah itu mengalami penurunan pendapatan dari penjualan salak. Padahal salak merupakan komoditas andalan di wilayah tersebut.
Lantas Aulia dan ketiga rekannya yakni Ginna Ervarizki (FIB), Nafis Muhimmatul ‘Ulya ( Fakultas Biologi), Vera Nurohmah Indrawati (Fakultas Biologi) berupaya mencari solusi untuk mengolah buah salak menjadi produk olahan yang tahan lama dan bernilai ekonomis. Merekapun terectus ide untuk memanfaatkan buah sekaligus kulit salak untuk diolah menjadi permen yang sehat dan aman dikonsumsi, termasuk mencegah diabetes.
“Dari beberapa literatur disebutkan bahwa kulit salak mengandung zat bioaktif seperti flavonoid, fenolik, antioksidan, dan zat aktif lainnya yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah yaitu dengan menghambat enzim α-glukosidase,” terangnya.
Seperti diketahui diabetes mellitus masih menjadi ancaman kesehatan masyarakat dunia. Data WHO mencatat pada tahun 2014 terdapat 422 juta jiwa penderita diabetes di seluruh dunia dan diperediksi pada 2045 akan mencapai 629 juta jiwa diseluruh dunia jika tidak dilakukan intervensi. Oleh sebab itu keempat mahasiswa muda ini berinovasi membuat makanan yang sehat dan memiliki kandungan anti diabetes.
Melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan dengan bimbingan Bayu Dardias Kurniadi, S.I.P., M.A., M.Pub.Pol., Ph.D mereka membuat permen dari sari buah dan ekstrak kulit salak. Dalam pembuatannya turut ditambahkan madu murni sebanyak 38% untuk menambah rasa legit.
“Pemilihan madu sebagai pemanis tidak hanya menambah rasa manis saja namun madu mengandung zat antioksidan yang berfungsi sebagai imun booster dikala pandemi,” katanya.
Dalam satu kemasan Salacca Soft Candy mengandung zat antioksidan sebanyak 1045,2688 ppm, flavonoid 0,0253%, dan fenolik 0,1358%. Selain itu juga mengandung protein total 0,1763% dan  vitamin C 53,0581 mg/100g.
“Protein ini dapat berfungsi sebagai zat pembangun, sedangkan vitamin C juga berfungsi sebagai imun booster,” tuturnya.
Sementara Ginna menambahkan tujuan  pembuatan produk Salacca Soft Candy yaitu tercipta inovasi produk permen sehat dengan pemanfaatan kulit
salak yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan baik usia anak-anak, remaja, dewasa, sampai lanjut usia. Selain itu juga membantu menekan tingginya angka penderita diabetes melitus.
Produk Salacca Soft Candy saat ini telah diluncurkan ke pasar. Dengan mengeluarkan Rp. 8.000,- Anda sudah bisa mendapatkan satu kemasan permen seberat 50 gram dengan manfaat kandungan antidiabetes melitus di dalamnya.
Sumber : Humas UGM

UGM Dapat Bantuan Mesin PCR dan Alat Kesehatan  Rp 2,3 Milyar

Previous article

Defisit Anggaran 2020 Mencapai Rp947,6 Triliun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health