News

Sejak Awal Maret, Nilai Transaksi di MotoGP Mandalika 2022  Capai Rp 564 juta

0
MotoGP Mandalika
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (depan) melaju di depan para pembalap lainnya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). - Antara Foto/Andika Wahyu/YUrn

STARJOGJA.COM, Info –  Produk pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang dipromosikan dalam rangkaian ajang MotoGP Mandalika 2022 berhasil meraup Rp 564 juta dari total transaksi yang berlangsung sejak 1 Maret 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan transaksi merupakan hasil perputaran uang dari 300 pelaku usaha di sektor fesyen, kriya, dan kuliner melalui program Planogram Goes To Mandalika yang berlangsung periode 1 – 30 Maret 2022.

“[Program] membawa 300 produk kreatif yang terdiri atas 9 merchant,” kata Sandiaga dalam rapat dengan Komisi X DPR RI, Rabu (16/3/2022).

 Pelaku usaha yang terlibat dalam program promosi tersebut melibatkan sejumlah perusahaan berbasis digital, di antaranya memiliki valuasi US$10 miliar (dekakorn) dan US$1 miliar (unikorn).

Mitra Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam promosi produk UMKM tersebut antara lain Gojek, Tokopedia, Grab, Blibli, Shopee. Sementara dari non perusahaan berbasis digital promosi melibatkan Bank Indonesia (BI), Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Dewan Kerajinan Nasional Nusa Tenggara Barat, dan Jakcloth.

Namun, keterlibatan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam upaya memulihkan ekonomi sektor UMKM tersebut tidak terlepas dari kritik.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Hetifah Sjaifudian berharap upaya promosi produk UMKM di ajang Moto GP Mandalika 2022 tidak hanya menjadi ‘mainan’ pelaku usaha populer tersebut, melainkan seluruh pelaku UMKM.

Sekadar informasi, para pebalap MotoGP akan berlaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022, di antaranya Marc Marquez dari tim Repsol Honda, Andrea Dovizioso dari Withu RNF Yamaha Team, dan juara bertahan Fabio Quartararo dari tim Monster Yamaha.

Sumber : Bisnis
Bayu

Menaker Revisi Mekanisme Pencairan JHT Seperti Aturan Terdahulu

Previous article

Konsumsi Layanan Streaming Hiburan Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News