News

Pemda DIY Uji Kimiawi Sumber Air di TPA Piyungan

0
tender TPA Piyungan
TPA Regional Piyungan (JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Pemda DIY menjamin kebutuhan air bersih warga sekitar TPST Piyungan menyusul kesepakatan antara warga dan pemerintah beberapa hari lalu. Uji kimiawi akan dilakukan terhadap sumber air. Jika kualitas air tidak sesuai baku mutu, Pemda DIY akan membuat sumur dalam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DIY Kuncoro Cahyo Aji mengatakan dari hasil identifikasi, ada satu mata air di sekitar lokasi TPST yang akan dijaga untuk keberlangsungan hidup warga.

“Mata air ini yang pertama kali akan kami jaga. Akan kami periksa bersama dengan masyarakat. Prinsipnya akan kami jaga, kami usahakan agar air bersih tetap bisa dinikmati warga sekitar TPST,” katanya, Jumat (13/5/2022).

Baca juga : Limbah pabrik dan TPA Piyungan cemari Sungai Opak

Ia mengatakan sumber air tersebut telah dimanfaatkan oleh warga. DLH akan melakukan uji kimiawi guna memastikan kelaikan air tersebut untuk dikonsumsi.

“Kalau misalnya ada pencemaran pada sumber mata, kami akan lakukan treatment untuk perbaikan, tetapi dengan batasan tertentu. Kalau memang sudah tidak bisa diolah lagi harus dibantu dengan memakai sumur dalam,” katanya.

Jika sumber mata air tersebut tidak memadai, Pemda DIY akan membangun sumur dalam untuk warga. Jawatannya bersama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral DIY akan melakukan kajian untuk menentukan titik yang dibor.

“Kami akan memastikan bahwa harus ada kelestarian fungsi lingkungannya bagi masyarakat di Sitimulyo,” ujarnya.

Sumber : harian Jogja

YouTube Akan Dilengkapi Transkrip dan Terjemahan

Previous article

Sleman gerak cepat lindungi ternak dari penularan PMK

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News