FeatureNews

Pasar Prawirotaman Jadi Role Model Pengawasan Barang Pasar Tradisional

0
pasar Prawirotaman SNI
Progres pembangunan Pasar Prawirotaman yang memadukan pasar tradisional dan pasar kreatif. Salah satu fitur unggulan pasar ini adalah Rooftop Prawirotaman yang diperuntukkan bagi pelaku kreatif. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.

STARJOGJA.COM, Info – Pengawasan barang di pasar tradisional menjadi tugas pemerintah untuk melindungi masyarakat. NGN Renti Maharaini Kerti Anggota Komisioner Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengatakan dalam pantauannya di pasar Prawirotaman Yogyakarta pengawasan barang di pasar tradisional cukup baik dan  bisa menjadi role model pasar tradisional lainnya.

“Tugas kami survey barang beredar di pasar kami lihat di pasar Prawirotaman yang semi modern ternyata perencanaan cukup matang. Pedagang mengatakan harga ayam, sayur dan cabai masih tinggi,” katanya dalam  Kunjungan lapangan dalam rangka sosialisasi edukasi perlindungan konsumen sebagai peran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Yogyakarta bersinergi dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional RI (BPKN RI) dalam perlindungan konsumen di Pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta Kamis (2/6/2022).

Baca juga : Wajah Baru Pasar Prawirotaman Jogja

Renti mengatakan pasar Prawirotaman memaksimalkan semua ruang yang ada dalam menyesuaikan di era kini. Hal ini untuk membuat pengunjung dan pedagang nyaman selama di pasar tradisional.

“Setiap ruangan difungsikan semaksimal mungkin. Ada ruang video, podcast, ibu menyusui seminar difabel dan toilet difabel memudahkan para pedagang dan masyarakat bisa jadi role model,” katanya.

Menariknya pasar tradisional Prawirotaman sudah menggunakan pembayaran secara online.

“Ada barcode untuk pembayaran online. Tradisional biasanya cash tapi disini bisa online,” katanya.

Bahkan yang bisa menjadi contoh adalah keterlibatan masyarakat dalam pengawasan barang di pasar tradisional. Salah satunya dari unsur mahasiswa yang menjadi bagian dari pengawasan barang di pasar.

“Pengawasan barang di pasar saudah di pasar ada mahasiswa perwakilan kampus di Jogja penggerak muda pasar rakyat,” katanya.

Trikoranti Mustikawati Kepala BBPOM Yogyakarta mengatakan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan barang ini menjadi bentuk baru yang bisa dicontoh pasar lainnya.

“Ada sinergi kemenristek dengan disperindag dalam pengawasan perlindungan konsumen ada mahasiswa penggerak muda pasar rakyat,” katanya.

“Pengawasan dalam keterlibatan masyarakat ada. Jadi mahasiswa tidak kuliah di kampus tapi juga bisa bergerak di bidang pengawasan dan perdagangan.”

 

Bayu

Pasokan Daging Sapi di Kota Yogyakarta Aman 

Previous article

 DPRD Sleman Dorong Inovasi Daerah Melalui Perda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature