Flash InfoHealth

Ini Makanan Paling Berbahaya di Dunia

0
limbah kulit singkong
singkong (istimewa)

STARJOGJA.COM, HEALTH – Ada sejumlah Makanan Paling Berbahaya di dunia. Penanganan dan penyiapan makanan yang aman sangat penting untuk memastikan keamanan pangan. Namun, ada makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari Canadian Institute of Food Safety pada Sabtu (13/8/2022), ada sejumlah makanan di seluruh dunia yang membutuhkan perhatian dan ketelitian ekstra selama persiapan untuk menghindari menyebabkan penyakit parah atau kematian.

Anda mungkin pernah mendengar tentang fugu yang harus disiapkan dengan tepat jika Anda tidak ingin sesak napas di ruang makan. Tapi ada lebih dari beberapa makanan yang dapat membunuh jika tidak disiapkan dengan benar.

Mulai dari fugu hingga kacang merah, ini 8 makanan paling berbahaya di dunia:
1. Fugu
Fugu adalah kata dalam bahasa Jepang untuk ikan buntal dan hidangan yang dibuat darinya bisa sangat beracun. Ovarium, usus, dan hati fugu mengandung tetrodotoxin, neurotoxin hingga 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida.

Dosis tetrodotoxin yang mematikan lebih kecil dari kepala peniti dan seekor ikan memiliki racun yang cukup untuk membunuh 30 orang. Jika disiapkan secara tidak benar, maka fugu dapat melumpuhkan saraf motorik dan menyebabkan henti napas yang fatal.

Bahkan koki di Jepang harus menjalani pelatihan bertahun-tahun untuk mendapatkan lisensi menyiapkan fugu. Diketahui, banyak orang meninggal setiap tahun karena fugu yang tidak disiapkan dengan benar.

2. Buah Ackee
Ackee, buah asal Jamaika, yang lezat tapi berbahaya. Ackee mentah mengandung racun yang disebut hipoglisin, sehingga buah harus benar-benar matang dan dibiarkan terbuka secara alami di pohon agar aman dikonsumsi.

Jahitan pada bagian luar buah akan terbelah lebar saat buah siap dipetik.

Jangan pernah membuka buah ackee sendiri (harus terbuka sendiri) dan hanya makan daging buah berwarna krem ​​di sekitar bijinya. Hindari makan daging merah muda atau biji hitam karena mereka sangat beracun.

Persiapan buah ackee yang tidak tepat dapat menyebabkan keracunan serius — dijuluki Sindrom Muntah Jamaika — yang dapat menyebabkan koma hingga kematian.

3. Sannakji
Sannakji, hidangan Korea, adalah tentakel bayi gurita hidup yang dipotong-potong, dibumbui, dan disajikan segera.

Bantalan hisap pada tentakel akan tetap melekat bahkan setelah tentakel terputus, jadi Anda harus mengunyah tentakel sebelum menempel di langit-langit mulut.

Jika tidak, tentakel dapat menempel di mulut dan tenggorokan yang bisa menyebabkan Anda tersedak sampai mati. Menurut Food & Wine, enam orang tersedak dan mati karena makan atau mencoba makan sannakji, setiap tahunnya.

4. Hákarl
Hákarl, hidangan tradisional Islandia, adalah daging hiu Greenland yang diawetkan dan digantung hingga kering selama antara 3 bulan dan 5 bulan. Proses ini diperlukan untuk menetralkan kadar urea dan trimetilamin oksida yang tinggi dalam daging hiu.

Hiu Greenland tidak memiliki saluran kemih, sehingga limbah dan racun disaring melalui kulit dan dagingnya.

Bagi hiu, campuran senyawa ini bertindak sebagai antibeku alami untuk melindunginya dari perairan Arktik yang dingin. Namun, bahan kimianya sangat pekat sehingga hanya dengan beberapa gigitan daging segar yang tidak diawetkan sudah cukup untuk menyebabkan gejala keracunan yang parah pada manusia.

Gangguan usus, efek neurologis, kejang, dan bahkan kematian dapat terjadi jika dimakan dalam jumlah yang berlebihan.

5. Singkong
Singkong, tanaman akar tropis yang mirip dengan talas dan ubi, sering digunakan untuk membuat tapioka, kue, dan keripik, tetapi daun dan akarnya dapat menghasilkan sianida yang mematikan. Untuk mencegah keracunan, singkong harus dimasak dengan benar sebelum disajikan.

Singkong diklasifikasikan menjadi dua jenis utama, yaitu manis dan pahit. Singkong manis, yang mengandung glikosida sianogenik tingkat rendah (50mg/kg), hanya perlu dimasak untuk mengurangi kandungan sianida ke tingkat yang tidak beracun. Sementara, singkong pahit mengandung lebih banyak racun dan harus diparut, direndam, dan dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.

Pencemaran Air Hujan Paling Parah di Kawasan Tugu Pal Putih Kota Jogja

Previous article

Penculik kedua anjing Lady Gaga dipenjara enam tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info