Flash Info

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan

0
manfaat terong ungu
STARJOGJA.COM, Info –  Terong ungu selain enak dijadikan lauk pendamping nasi, juga punyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat terong ungu untuk kesehatan berdasarkan Healthline dan Medicalnewstoday!
1. Melindungi dari radikal bebas
Terong ungu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya atau radikal bebas.
 Hal ini telah dikonfirmasi oleh penelitian. Berdasarkan penelitian, antioksidan dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
2. Membantu mengontrol kadar gula darah
Terong mengandung polifenol. Polifenol ini bisa membantu mengurangi penyerapan gula serta meningkatkan sekresi insulin. Kedua hal ini berguna untuk membantu menurunkan gula darah. Penelitian yang mengamati ekstrak terong menunjukkan, polifenol dalam terong bisa mengurangi kadar enzim yang mempengaruhi penyerapan gula dan membantu mengurangi gula darah.
3. Kaya akan serat yang membantu pencernaan
Salah satu fungsi serat dalam tubuh adalah untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Terong termasuk buah dengan kandungan serat yang tinggi. Selain itu, serat juga bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan bisa mengurangi asupan kalori pada tubuh. Karena juga termasuk buah dengan kandungan kalori yang cukup rendah. Hal ini membuat, terong sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.
4. Membantu mengatasi kanker
Terong mengandung senyawa solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Beberapa penelitian mengungkap, senyawa ini bisa menyebabkan matinya sel kanker serta mengurangi kemungkinan beberapa jenis kanker tertentu untuk kambuh setelah sembuh. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan, jika senyawa ini dioleskan langsung pada kulit, bisa melawan kanker kulit.
5. Membantu kesehatan mata
Terong ungu mengandung antioksidan Lutein dan zeaxanthin. Lutein ini berfungsi untuk membantu kesehatan mata serta bisa membantu mencegah degenerasi makula akibat usia yang bisa menyebabkan kurangnya penglihatan orang tua.

Sumber : Bisnis

Startup Unicorn di Indonesia Menjadi 9 Perusahaan

Previous article

BPJS Kesehatan Pastikan Layanan RS di Bantul Berkualitas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info