Lifestyle

Skincare Yang Tepat Untuk Kulit Kombinasi

0
akan perawatan kulitnya apabila memiliki kulit tipe kombinasi.
Ilustrasi kulit kombinasi (Foto : Jesica Alicia)

STARJOGJA.COM – Banyak orang yang masih bingung akan perawatan kulitnya apabila memiliki kulit tipe kombinasi.

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang memiliki daerah T-Zone (dahi dan hidung) lebih berminyak dan daerah pipi lebih kering.

Pada dasarnya kulit kombinasi memang jenis kulit yang paling umum dimiliki orang. Apabila keadaan cuaca dingin maka kulit akan terasa lebih kering dan berminyak saat panas.

Genetik bisa saja menjadi faktor penyebab kulit kombinasi di samping faktor lainnya.

Eksfoliasi yang terlalu kasar, pemakaian moisturizer yang menutupi pori-pori, mencuci muka berlebihan, aktivitas kelenjar sebum pada T-zone yang lebih besar, serta sensitisasi yang disebabkan oleh bahan-bahan produk perawatan kulit merupakan factor lain penyebab kulit kombinasi.

Baca Juga : Lembabkan Bibir Dengan Bahan Alami, Ini Dia Caranya

Beberapa skincare tentu dapat digunakan untuk kulit kombinasi. Berikut rangkaian skincare yang tepat untuk kulit kombinasi:

Cleanser

Memilih cleanser untuk kulit kombinasi harus yang tidak mengandung sabun untuk mencegah terjadinya peradangan, kekeringan kulit hingga iritasi.

Cleanser tanpa sabun juga membuat kulit menjadi tenang dan secara perlahan menyembuhkan dengan sendirinya.

Kandungan terbaik cleanser untuk kulit kombinasi adalah asam beta hidroksi (BHA) seperti asam salisilat ataupun asam alfa hidroksi (AHA) seperti asam glikolat. Pemakaian rutin sebanyak dua kali sehari dapat memperbaiki tekstur kulit.

Toner

Memilih toner untuk kulit kombinasi sebaiknya mengandung creamide dana asam lemak, antioksidan serta AHA dan BHA. Lalu, menghindari toner dengan kandungan parfum, minyak esensial, serta bahan-bahan yang bisa mengiritasi seperti mentol alkohol juga witch hazel.

Serum

Kulit Kombinasi akan membutuhkan serum yang dapat menghidrasi kulit serta melindungi kulit. Serum dengan kandungan asam hialuronat cocok untuk digunakan orang dengan kulit kombinasi.

Moisturizer

Kulit kombinasi memiliki jenis berbeda sehingga dalam melembabkan memerlukan dua jenis. Untuk bagian kulit kering, sebaiknya menggunakan pelembab krim, lalu untuk area berminyak sebaiknya gunakan pelembab berbahan dasar air yang ringan.

Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu kompoen yang penting dalam perawatan kulit kombinasi. Karena tidak hanya untuk mencegah penuaan dini serta meminimalisir pigmentasi, juga membuat kulit berfungsi secara normal. Bahkan tabir surya juga dapat menghilangkan penyebab-penyebab masalah kulit. (Maylin Angelica)

Sumber : Antara

Harrison Ford Masuk MCU Sebagai Thunderbolt Ross

Previous article

Presiden Madura United : Segera Angkat Kaki FIFA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle