Kota JogjaNews

KPU DIY Sosialisasikan Pemutakhiran Data Pemilih

0
KPPS meninggal dunia
Ilustrasi Pemungutan SUara ( FOTO : Desi S / Harian Jogja )

STARJOGJA.COM, JOGJA – KPU DIY menyosialisasikan pemutakhiran data pemilih, daftar partai politik, bakal calon DPD dan daerah pemilihan (dapil) di wilayah DIY. Sosialisasi ini bertepatan dengan momentum 1 tahun jelang pemilu 2024.

KPU menggelar Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara dilakukan di delapan lokasi, yakni di Kantor KPU RI, Kantor KIP Aceh, Kantor KPU Kota Batam, Kantor KPU Kalimantan Barat, Kantor KPU Kalimantan Utara, Kantor KPU Pulau Morotai, Kantor KPU NTT dan Kantor KPU Papua.

“Setahun menjelang pemungutan suara memang menjadi penanda penting bagi kami untuk semakin mempersiapkan segala kebutuhan menuju Pemilu 2024,” ujar Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, dalam Sosialiasi Pemutakhiran Data dan Kirab Pemilu Tahun 2024 Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara di Eastparc Hotel, Sleman, Selasa (14/2/2023).

Ia menjelaskan 18 parpol yang akan mengikuti pemilu 2024 meliputi Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

KPU DIY telah melaksanakan pembentukan badan ad hoc Pemilu 2024 di seluruh kapanewon/kemantren dan kalurahan/kelurahan di DIY dengan rincian panitia pemilihan kecamatan sebanyak 390 orang, panitia pemungutan suara sebanyak 1.314 orang, dan pantarlih sebanyak 12.071 orang.

KPU telah mulai melaksanakan tahapan penyerahan dukungan bagi bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang masih berlangsung sampai dengan tahun ini, dengan bakal calon yang sudah menyerahkan dukungan meliputi A. Khudhori, Hilmy Muhammad, Tugiman, Trisno Sunardi, GKR Hemas, Ahmad Syauqi Soeratno, Cinde Laras Yulianto, R.A. Yashinta Sekarwangi Mega, Sindu Kurniawan.

“KPU DIY saat ini sedang melaksanakan tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih untuk Pemilu 2024 melalui kegiatan coklit [pencocokan dan penelitian] mulai 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023 dengan cara menemui langsung rumah-rumah warga untuk memastikan validitas data pemilih,” katanya.

Kegiatan coklit ini dilakukan di 12.071 TPS yang tersebar di 438 Kalurahan/Kelurahan, 78 Kapanewon/Kemantren, dan lima Kabupaten/Kota se-DIY. Oleh sebab itu, diharapkan masyarakat menyiapkan KTP elektronik dan KK untuk dilakukan validasi datanya oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

BMKG : Hujan Diprakirakan Mengguyur Sejumlah Kota Besar di Indonesia Termasuk Yogyakarta

Previous article

Jokowi Akan Kaji Insentif Kendaraan Listrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja