EsaiNews

Istilah Nogo Dino, Arti dan Penggunaanya di Masa Kini

0
istilah Nogo Dino
liong hitam karya Daldiyono (Dokumentasi Daldiyono)
STARJOGJA.COM, Info –  Istilah nogo dino mungkin biasa terdengar di kalangan masyarakat Jawa. Nogo Dino atau dalam bahasa Indonesia berarti Hari Naga biasa digunakan masyarakat yang percaya untuk perantau supaya terhindar dari kesialan, untuk bermain kartu judi supaya menang, bahkan digunakan seorang maling agar tidak mudah ditangkap polisi, dan masih banyak lagi fungsi dari nogo dino baik untuk tujuan baik atau jahat.
Metode Nogo Dino ini dipercaya masih dapat diterapkan untuk pedagang keliling dan memiliki pengaruh yang besar. Walaupun banyak yang tidak percaya dengan nogo dino tersebut.

Metode Nogo Dino ini merupakan warisan  leluhur yang harus dilestarikan sebagai pemahaman yang berasal dari nenek moyang kita.

Arah Rezeki

Arah rezeki berdasarkan Nogo Dino masih dipercaya oleh sebagian  masyarakat Jawa. Nogo dino atau naga hari ditentukan untuk mencari rezeki yang pas, menghindari kesialan dan musibah.

Pemahaman leluhur dulu, arah yang baik dalam mencari rezeki adalah arah yang searah dengan nogo nya. Sebaliknya, jika melawan arah naga itu dipercaya  membawa bencana.

Para leluhur dahulu menggambarkan naga yang terbang di angkasa akan menelan jika sesuai arah jalan naga tersebut. Tapi jika kita berjalan sesuai dengan arah tersebut maka atas izin Tuhan akan mendapatkan rezeki melimpah dan keselamatan.

Hal itulah yang membuat banyak orang tua zaman dahulu selalu memberikan nasehat untuk berhati-hati mencari rezeki, jika tidak akan dimakan naga.

Melalui ungkapan Nogo Dino ini para leluhur dahulu sudah memberikan nasehat agar selalu waspada, hati-hati dan menghitung setiap apa yang akan dilakukan.

Bayu

Pecinta Kucing? Ini Pentingnya Rutin Periksakan Kesehatan Kucing Ke Dokter Hewan

Previous article

TWICE Bersiap Gelar Tur Dunia Kelima Bulan April

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai