Flash InfoMusicNews

Disbud Gelar Audisi GBN 2023, Peserta Wajib Ber-KTP DIY

0
audisi GBN

STARJOGJA.COM, JOGJA – Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023 akan digelar pada 8 Juli 2023. Dalam seleksi GBN 2023 yang akan mewakili DIY pada HUT RI tahun ini tersebut dicantumkan syarat bahwa peserta harus tercantum sebagai warga dengan KTP DIY.

Kepala Seksi Seni Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Aryanto Hendro menyampaikan pencantuman syarat KTP DIY sebagai syarat mengikuti seleksi merupakan upaya agar komposisi tim GBN yang terbentuk mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

“Kalau kemudian ada orang Jogja yang dikirim adalah pelajar dari luar Jogja, maka Jogja secara substansi tidak ada yang mewakili,” katanya dalam Sosialisasi Audisi GBN 2023 DIY di Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Jumat (9/6/2023).

Sehingga menurut Hendro, tahun ini panitia GBN pusat mencantumkan syarat tersebut. “Maka tahun ini dari panitia pusat perwakilan DIY harus orang Jogja, ini sebenarnya [ketentuan perwakilan daerah] sudah mewakili wilayah masing-masing. Ini sudah ada ketentuannya,” ucap dia.

Untuk itu, dia pun mengimbau peserta seleksi GBN mencermati syarat yang ada. Dalam syarat peserta misalnya, ketentuan usia juga perlu diperhatikan.

Dia juga meminta masyarakat ber-KTP DIY dengan usia yang sesuai dengan syarat dan memiliki kemampuan sesuai yang tercantum dapat mendaftarkan diri untuk seleksi GBN 2023. “Masyarakat umum juga bisa diberi kesempatan untuk itu, misalnya lulus SMA belum kuliah pun dapat mengikutinya,” imbuhnya.

Terkait dengan syarat memiliki kemampuan prima vista, dia pun mengimbau agar peserta dapat mempersiapkan diri secara khusus. “Kami sudah menunjuk dewan juri ada 4 juri dari DIY dan 1 juri dari pusat. Prima vista dari tim juri pusat, dibuka saat audisi, sehingga sifatnya rahasia,” katanya.

Menurut Hendro, nantinya satu orang pemenang dari setiap kategori suara yang akan mewakili DIY dalam GBN 2023. Kemudian, untuk lima orang terbaik dari setiap kategori suara yang akan diberikan penghargaan. “Di dalam seleksi ini tidak hanya pemenang terbaik tetapi kita juga memberi penghargaan piagam, plakat dan uang pembinaan bagi masing-masing jenis suara,” katanya.

Diketahui, GBN 2023 menyelenggarakan seleksi bagi putra putri DIY yang memiliki suara sopran, alto, tenor dan bas.

Startup Inggris Perkenalkan Baterai Mobil Listrik, Isi Daya dalam 6 Menit

Previous article

Mengenal Fathia, Influencer Muda Wakili Indonesia di Forum PBB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info