NewsPendidikan

Mengenal Fathia, Influencer Muda Wakili Indonesia di Forum PBB

0
Fathia Influencer Muda

STARJOGJA.COM, JOGJA – Berasal dari kota kecil tak menyurutkan cita-citanya mengenyam pendidikan terbaik di luar negeri. Fathia Fairuza, gadis asal Sidoarjo ini berhasil meraih beasiswa LPDP untuk S2 di Columbia University, New York, setelah mendapatkan predikat lulusan terbaik untuk studi S1-nya di Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang.

Predikat lulusan terbaik wajar ia dapatkan. Selain capaian akademik yang baik, ia juga merintis kontribusi sosial sejak kuliah. Di tengah kesibukan kuliah dan bekerja part-time di Jepang, Fathia menginisiasi project Shape Your Life untuk membimbing siswa-siswa SMA meraih pendidikan terbaik dengan beasiswa mancanegara. Tak heran, Fathia terpilih mendapatkan penghargaan prestisius dari pendiri Nissin Foods Holdings, dan mewakili pidato kelulusan di kampusnya.

Tak mudah puas dengan pencapaiannya, Fathia terus bersemangat menorehkan kontribusinya di tingkat dunia. Di tengah kesibukan studi S2 di jurusan Human Rights, ia juga mewakili Indonesia dalam United Nations Economic and Social Council (ECOSOC) Youth Forum pada 25-27 April 2023 di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat. Pada forum tingkat global ini, ia menyuarakan isu tentang hak pendidikan di Indonesia.

Semangat Fathia untuk berprestasi dan berkarya sudah tak diragukan lagi. Fathia akan membagikan cerita perjuangannya studi di luar negeri dan bagaimana ia dapat menorehkan prestasi di tingkat dunia pada talkshow di MASA DEPAN Fest, di Benteng Vredeburg. Acara ini diselenggarakan oleh SMA Masa Depan, sebuah SMA yang akhir-akhir ini viral karena lulusan angkatan pertamanya diterima di banyak kampus top dunia.

“Kami ingin memberi semangat kepada remaja untuk bersiap menjadi global citizens sejak dini. Kuliah keluar negeri merupakan impian banyak orang, dan semua remaja bisa membuka jalan ke sana, asalkan mau bersiap sejak dini. Oleh karena itu kami menggelar talkshow-talkshow inspiratif dan juga booth pameran yang akan menunjukkan cara-cara kreatif menghabiskan masa remaja dengan produktif,” demikian papar Luqman Fikri Amrullah, M.Sc., kepala sekolah SMA Masa Depan yang menyelesaikan studi S2 nya di Taiwan.

“Fathia akan berbagi inspirasi tentang kisah suksesnya menjadi remaja prestatif. Namun tak hanya itu, kami juga akan menampilkan Senior Vice President Exxonmobil, Muhammad Nurdin. Beliau berasal dari keluarga sangat sederhana di pelosok Jambi, yang dengan kegigihan belajar dan tanpa privilege, saat ini menjadi pemimpin perusahaan multinasional.”

“Masih banyak lagi inspirasi… Bahkan Ahmad-Kamil, remaja yang viral sebagai ‘Google Al-Quran’ dan juga telah melanglang buana sejak kecil pun ikut tampil di acara ini. Acara juga akan dipungkasi dengan talkshow inspiratif untuk para ortu bersama Fauzil Adhim. Beliau akan memberi tips untuk mengokohkan jiwa anak pasca pandemi, yang konon katanya banyak menghasilkan ‘generasi strawberry’. Nah, acara ini juga bisa diikuti online lho,” tutup Astari Husna Masita, Wakasek SMA Masa Depan yang menamatkan S1-nya di Jepang.

Disbud Gelar Audisi GBN 2023, Peserta Wajib Ber-KTP DIY

Previous article

Antisipasi Krisis Pangan Akibat El Nino, Pemerintah Perkuat Ketahanan Pangan Lewat KUR Petani

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News