News

BMKG : Hujan Lebat Akan Guyur Sejumlah Wilayah Ini

0
penyakit kulit hujan

STARJOGJA.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah di Indonesia pada Rabu (21/6/2023).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian Bangka Belitung, Banten, Bengkulu.

Selain itu, sebagian DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selaran, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan.

Tekan resiko bencana

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengajak dunia internasional untuk mengatasi kesenjangan antara teknologi kebencanaan dan pemahaman masyarakat guna menekan risiko bencana.

“Meskipun sudah ada peringatan dini untuk melakukan evakuasi, jika tidak didukung dengan pemahaman tentang mitigasi kebencanaan, kesadaran, keterampilan, dan juga kemampuan respons yang cepat dan tepat, sistem peringatan dini tersebut akan gagal dalam mencegah terjadinya korban,” ujar dia.

Dia menilai kelemahan dalam antisipasi, mitigasi, dan peringatan dini bencana berpotensi besar mengancam keselamatan jiwa, sedangkan kerugian ekonomi pun semakin besar, terutama untuk negara-negara berkembang yang masuk dalam kategori rawan bencana dengan intensitas dan frekuensi bencana yang tinggi.

Saat ini, menurut dia, kondisi bumi semakin kompleks sehingga membutuhkan pengamatan dan data yang cepat, tepat, akurat, dan sistematis.

Selain itu, kata dia, butuh inovasi teknologi yang mumpuni serta analis dan pemodelan yang andal.

Sumber : Antara

Baca juga : Waspada Cuaca Panas, Ini Cara mengantisipasinya

Hello Goodboy, Game yang Sajikan Petualangan Emosional

Previous article

Bawaslu Bantul Siapkan Strategi Pengawasan dalam Persiapan Pemilu 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News