Kota JogjaNews

BMKG Jogja Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi

0
laut selatan
Laut selatan DIY (Harian Jogja)

STARJOGJA.COM, JOGJA – BMKG Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Selatan DIY. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengingatkan masyarakat agar waspada  pada potensi gelombang tinggi hingga empat meter di perairan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai 9 Juli sampai 11 Juli 2023.

“Waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai angin serta gelombang tinggi di perairan Yogyakara,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Warjono, potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter di laut selatan DIY dipicu oleh aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) serta gelombang ekuator seperti gelombang Kelvin dan Rossby ekuatorial di sekitar wilayah Indonesia.

Selain meningkatkan gelombang laut, fenomena MJO juga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung meningkatkan potensi curah hujan tinggi.

Menurut dia, profil vertikal kelembapan udara yang tinggi mencapai 70 sampai 90 persen meningkatkan peluang pertumbuhan awan hujan yang signifikan di wilayah DIY terutama saat siang dan malam hari.

Ia mengatakan pada 9 Juli 2023, hujan sedang-lebat diperkirakan terjadi di Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul bagian utara, dan potensi hujan ringan-sedang di Kota Yogya, Bantul, dan Gunungkidul bagian selatan.

Berikutnya, pada 10 Juli 2023, potensi hujan sedang-lebat di Sleman, Kulon Progo dan Gunungkidul bagian utara dan potensi hujan ringan di Kota Yogya dan Bantul bagian utara.

Pada 11 Juli 2023, hujan ringan-sedang diperkirakan terjadi di Sleman, Bantul bagian utara, Kulon Progo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara.*

3 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Menyerang Remaja dan Anak

Previous article

My Journey Sabet Juara 1 Lomba Inovasi Digital Mahasiswa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja