News

Sekolah Lapang Gempa Bumi Hadapi Bencana

0
gempa tuban
ilustrasi gempa
STARJOGJA.COM, Info  –    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menggelar Sekolah Lapang Gempa Bumi (SLG) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 10-11 Juli. SLG ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana.
“Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh komponen masyarakat paham dan mampu melakukan penyelamatan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami sehingga dapat meminimalisir risiko korban jiwa maupun korban materiil,” kata Kepala Stasiun Geofisika 1 Sleman Setyo Aji Prayudi dalam sambutan pembukaan SLG di Bantul, Senin.

SLG BMKG di Kabupaten Bantul yang mengambil tema “Ready Together, Resilient Together” ini digelar karena Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten di DIY yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap gempa bumi dan tsunami akibat aktivitas subduksi megathrust di selatan Jawa.

Zona megathrust merupakan zona pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Samudra Hindia yang berpotensi mengakibatkan gempa kuat yang dapat disertai tsunami.

“Selain itu SLG ini juga bertujuan untuk mewujudkan Tsunami Ready Community atau masyarakat siaga tsunami dengan lokus lima kalurahan di Kabupaten Bantul, yakni Kalurahan Parangtritis, Tirtohargo, Srigading, Gadingsari, dan Poncosari,” kata Setyo Aji.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul Didik Warsito mengatakan pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul senantiasa berupaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai ancaman bencana.

Upaya tersebut dilakukan melalui langkah mitigasi struktural maupun non-struktural, seperti pengadaan alat Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini, pelatihan, gladi atau simulasi bencana.

“Mitigasi struktural secanggih apapun tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi kapasitas sumber daya manusia yang baik. Oleh karena itu mitigasi struktural dan non-struktural harus berjalan seimbang,” katanya.

Kegiatan SLG selama dua hari diikuti sekitar 50 peserta dari komunitas desa, komunitas sekolah, instansi pemerintah, komunitas kebencanaan, komunitas pariwisata, dan aparat. Para peserta mendapat materi mengenai kesiapsiagaan tsunami, gladi ruang, susur jalur evakuasi tsunami, serta verifikasi tsunami ready di Bantul.

Bayu

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Selasa 11 Juli 2023

Previous article

Susah Tidur, Ikuti Tips Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News