FeatureNews

Program Studi Informatika UKDW Melahirkan Lulusan yang Berkompeten di Segala Bidang

0
ukdw informatika
UKDW Informatika (hanin)

STARJOGJA.COM, Info – Minat masyarakat terutama mahasiswa yang akan menempuh kuliah di program studi informatika dapat dibilang sangat tinggi karena peluang kerjanya pun sangat luas.  Agata Filiana, S.Kom., M.Sc, Dosen Program Studi Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) mengatakan lulusan yang memiliki latar belakang informatika sangat banyak dicari perusahaan-perusahaan luar negri maupun dalam negeri.

“Kalau ngomong tentang teknologi pasti dicari, apalagi di Indonesia, South East Asia, around the world pasti dicari banget, apalagi demandnya lagi in banget lah teknologi informasi IT,” katanya kepada Star FM.

Secara umum, informatika tidak hanya tentang teknis-teknis tetapi masih ada
pengembangannya lagi. Di UKDW sendiri Agata mengatakan setelah diberikan basic programing di awal semester, mahasiswa akan memilih penjurusannya masing-masing.

“Jadi ada network bagian jaringan itu tentang mendesain infrastruktur, lalu ada juga Intelligence System Developer tentang sistem cerdas, ada juga Database Administrator kita itu main dengan data, dan ada juga User Interaction Designer tentang perancangan dan pengembangan antarmuka,” katanya.

Terkait profil unggulan dari program studi informatika UKDW, Laurentius Kuncoro P., S.T., M.Eng, Dosen Program Studi Informatika UKDW mengatakan semua profil pada dasarnya saling melengkapi.

“Ga menutup kita punya kepakaran di profil-profil lain. Jadi Ga ada mana unggul mana engga karna masing-masing itu saling melengkapi supaya jadi profil lulusan yang berkompeten,” katanya.

Kuncoro mengatakan jurusan dengan beragam profil ini tidak hanya berkolaborasi dengan internal jurusannya saja tetapi juga dengan bidang lainnya seperti pertanian dan desain produk. Project yang dikembangkan ini pastinya bertujuan untuk membantu pekerjaan agar lebih mudah.

“Jadi ada penerapan Artificial Intelligence untuk membantu scanning di lahan pertanian, lalu ada juga sama desain produk. Jadi kebetulan yang desain produk itu lagi fokus sama alat bantu untuk penyandang disabilitas,” katanya.Ia juga mengatakan, mahasiswa program studi informatika UKDW di awal tahun ketiga atau akhir tahun kedua akan langsung terjun ke industri-industri untuk membantu project perusahaan.  Teknologi informasi atau informatika saat ini sangat dibutuhkan di segala bidang. Dengan lahirnya orang-orang yang berkompeten di bidang informatika maka dapat menciptakan teknologi-teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Penulis : Rafa Hanin Nadira
Bayu

Wakil Ketua DPRD DIY Suharwanta Meninggal Dunia

Previous article

Permintaan Gubernur Gorontalo Kepada Mahasiswa KKN UGM  

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature