Kab KulonprogoNews

SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di Jalur Pansela Lintas Bandara YIA Resmi Beroperasi

0
SPKLU Ultra Fast Charging
FOTO : Istimewa

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di Jalur Pansela Lintas Bandara YIA Resmi Beroperasi. Peresmian ini merupakan bagian dari upaya mendukung percepatan terciptanya ekosistem kendaraan listrik di DIY.

Berlokasi di halaman PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wates, SPKLU ini diresmikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi bersama PJ Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti.

Dalam sambutannya, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengungkapkan kebanggaannya menjadi tuan rumah SPKLU UFC pertama di Provinsi DIY.

“Saya berterimakasih sekali PLN sudah memilih Kulonprogo sebagai lokasi pertama di wilayah selatan untuk dipasang SPKLU. Apalagi jalur selatan ini sudah diperbaiki dan belum ada SPKLU. Saya kira ini suatu momentum yang sangat bagus, terutama dengan animo masyarakat ke depan yang semakin besar untuk menggunakan kendaran listrik sebagai alat mobilitas yang bisa mengurangi emisi karbon”, tuturnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi mengatakan SPKLU tipe UFC 200 kW ini memiliki keunggulan dalam pengisian daya yang  cepat.

“Untuk 1 kali charging kalau yang kendaraan yang kapasitasnya 35 kWh itu hanya 15 menit dan untuk kendaraan lain yang kapasitasnya 65 kWh itu butuh kurang dari 30 menit. Di antara waktu pengisian itu pemilik bisa berkunjung di pusat oleh-oleh atau sambil makan dan menikmati apa yang khas di daerah itu. Terutama ini jalur yang dilewati untuk ke Bandara YIA Kulonprogo. Inilah yang menjadi nilai tambah bagi masyarakat disini atau multiple effect dalam meningkatkan nilai dan aktivitas ekonomi, warga” terang Mochamad Soffin Hadi di sela-sela peresmian SPKLU.

Soffin menambahkan dengan telah diresmikannya SPKLU di Kulonprogo ini, ia berharap dapat berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dalam mewujudkan transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) tahun 2060.

“Rencana ke depan di Provinsi DIY akan dilakukan penambahan 3 SPKLU yaitu di daerah Malioboro, Ambarrukmo dan wilayah Bandara YIA. Dengan adanya SPKLU ini kami berharap dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat umum dalam mengisi daya kendaraan listrik mereka. Semakin banyak kendaraan listrik yang digunakan, semakin besar pula kontribusi kita dalam menjaga kualitas udara dan lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang,” imbuhnya.

Saat ini tercatat sudah tersedia 45 unit SPKLU di lokasi yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY. SPKLU yang baru saja diresmikan ini terletak di jalur strategis menuju Bandara Internasional Yogyakarta agar memberikan akses yang mudah bagi para pengguna kendaraan listrik, khususnya yang akan berpergian atau tiba di bandara.

Penggunaan Kendaraan Listrik Hemat Bahan Bakar Hingga 70%

Pada kesempatan yang sama, Soffin Hadi mengungkapkan bahwa penggunaan kendaraan listrik lebih efisien dibanding kendaraan BBM.

“Untuk biaya chargingnya 1 kWh itu nilainya Rp2.465 dan 1 kWh itu bisa dipakai untuk 20 KM. Kalau dibandingkan dengan biaya BBM biasa itu sudah menghemat 70%, itu merupakan nilai tambah bagi kendaraan listrik,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh pengguna mobil listrik di wilayah Kulonprogo, Eva Puspadewi yang menceritakan pengalamannya dalam menggunakan kendaraan berbasis listrik.

“Alhamdulillah pengalaman saya menggunakan mobil listrik sangat baik. Pakai mobil listrik bagi saya itu cukup menyenangkan karena fiturnya canggih-canggih dan lebih hemat dibandingkan kendaraan BBM. Kebetulan saya dan suami lumayan mobile, sering dipakai (mobil listrik) kalau dihitung-hitung dalam 1 bulan itu bisa hemat kurang lebih sekitar Rp 1 juta dibandingkan BBM biasa,” ungkapnya.

Ia menambahkan dengan adanya SPKLU ini membuatnya cukup terbantu dalam menghemat waktu pengisian daya.

“Sebenarnya di rumah juga sudah ada (home charging) tapi kalau disini kan lebih cepat, apalagi dengan mobilitas yang tinggi kayaknya kalau dirumah nunggunya lebih lama. Semoga semakin banyak pengguna kendaraan listrik sehingga bisa mengurangi emisi karbon dan menyelamatkan lingkungan,” pungkasnya.

Suka Seafood, Ini Dampaknya Jika Konsumsi Berlebihan

Previous article

Baik Untuk Pencernaan, Yuk Kenali dan Konsumsi Makanan dan Minuman Fermentasi Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *