NewsNusantara

SIPA 2023 Dimeriahkan Delapan Delegasi Luar Negeri

0
sipa 2023

STARJOGJA.COM, SOLO – SIPA 2023 Dimeriahkan Delapan Delegasi Luar Negeri.  Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 siap digelar di Benteng Vastenburg selama tiga malam berturut-turut mulai 31 Agustus-2 September. Pagelaran mahakarya seni internasional itu dimeriahkan delapan delegasi luar negeri serta 14 komunitas dan sanggar seni dalam negeri.

Event SIPA 2023 diselenggarakan menggunakan konsep hybrid dan bisa ditonton masyarakat secara gratis di Benteng Vastenburg mulai pukul 19.00 WIB.

Benteng Vastenburg dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan SIPA lantaran heritage yang memiliki nilai histori yang tinggi.

Direktur SIPA, RAy. Irawati Kusumorasri mengatakan SIPA 2023 merupakan event seni dan budaya yang digelar ke-15 sejak kali pertama dilaksanakan pada 2009 di Pamedan Pura Mangkunegaran. Penyelenggaraan SIPA didukung oleh Pemkot Solo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Acara seremoni digelar pada Kamis [31/8/2023] pukul 19.00 WIB. Nanti dihadiri oleh Wakil Menparekraf [Angela Tanoesoedibjo] dan Wali Kota Solo [Gibran Rakabuming Raka]. Nanti ada perform dari maskot SIPA 2023 dilanjutkan pesta kembang api,” kata dia, di Pendapi Balai Kota Solo, Selasa (29/8/2023).

Wanita akrab disapa Ira ini menyampaikan SIPA 2023 dimeriahkan delegasi luar negeri dan dalam negeri. Ada delapan delegasi luar negeri yang akan unjuk gigi di panggung, yakni Lithuania, Singapura, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, dan Taiwan.

Sedangkan, delegasi dalam negeri yang ikut berpartisipasi berasal dari Medan, Riau, Banjarmasin, Jogja hingga Kutai Kertanegara.

“Nanti ada penampilan kolaborasi dari delegasi dalam negeri dan luar negeri di panggung di SMKN 8 Solo. Ini wujud apresiasi kepada para pelajar khususnya seni tari,” ujar dia.

Ira menyampaikan panitia juga menyelenggarakan SIPA urban market bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Event itu untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM di Kota Bengawan.

Pasar kreatif itu menyediakan beragam produk makanan, fesyen, kerajinan dan lain-lain.

Sementara itu, maskot SIPA 2023, Wirastuti Susilaningtyas mengatakan bakal memadukan seni tari dan olah vokal saat seremoni SIPA 2023. Alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ini berjanji tampil enerjik saat pembukaan event budaya tersebut.

Wanita akrab disapa Tutut ini bakal berkolaborasi dengan Semarak Candrakirana Art Center.

“Konsep perform menyelaraskan harmoni seni tari dan olah vokal. Kebersamaan dan keharmonisan akan memberikan efek yang baik. Sesuai tema SIPA 2023 yakni Say All With Arts,” ujar dia.

Hotel Harper Malioboro Yogyakarta Menghadirkan Sentuhan Hangat untuk Keluarga dengan Tipe Kamar Baru “Family Room”

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Kamis 31 Agustus 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News