Kota JogjaNews

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Goes to Pesantren

0
FOTO : KPU DIY

STARJOGJA.COM, JOGJA – KPU DIY lakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Tak terkecuali untuk kalangan muda.KPU Goes to Pesantren bakal mendatangi pesantren di DIY.

Untuk Meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula di lingkungan pondok pesantren, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY akan menggelar KPU Goes To Pesantren.

Program KPU Goes To Pesantren digelar sekaligus dalam rangka Hari Santri Nasional Minggu (22/10/2023) dan akan diikuti sekitar lebih dari 2.000 santri dari Pondok Pesantren yang ada di DIY.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU DIY, Sri Surani mengatakan, KPU Goes To Pesantran akan digelar di 10 pondok pesantren besar yang tersebar di Kabupaten/Kota di seluruh DIY.

“Nantinya, lebih dari 2.000 santri akan mengikuti nonton bareng film ‘Kejarlah Janji’ yang disutradarai Garin Nugroho, sebagai salah satu media yang dinilai lebih menarik bagi pemilih pemula,” jelas Surani kepada awak media, Sabtu (21/10/2023).

Menurutnya, film menjadi salah satu pintu masuk untuk pendididikan pemilih utamanya pemilih pemula.

“Film ini menjadi pintu masuk untuk untuk teman-teman melakukan proses pendidikan pemilih, dan dalam film ini pun makna dari film itu juga bagian dari proses itu, menyadarkan masyarakat kita, akan pentingnya proses demokrasi,” kata Sri Surani

10 Pondok Pesantren yang nantinya juga akan dikoordinasikan masing-masing KPU Kabupaten Kota seperti Ponpes Darul Quran Gunungkidul sekitar 500 santri, di Kabupaten Bantul Ponpes Ibnul Qoyyim 250 santri, Ponpes Ali Maksum 400 santri, Ponpes Al Munawwir 150 santri, dan Ponpes Al Furqon 200 santri.

Kabupaten Sleman Ponpes Assalafiyyah Mlangi 200 santri, Kulon Progo Ponpes Al Quran Wates 400 santri, dan di Kota Yogyakarta dipusatkan di Ponpes Nurul Ummah Kotagede dengan santri 200.

Sedangkan di DIY digelar di Ponpes Sunan Pandanaran dengan jumlah 400 santri, dan Ponpes Al Imdad Pleret Bantul 400 santri.

Grand Diamond Hotel Luncurkan Pool Bar

Previous article

Catat ! Green Day Bakal Tur Konser

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja