Kab KulonprogoNews

Srikandi PLN Bagikan Bantuan Air Bersih

0
Srikandi PLN

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – Melalui Srikandi PLN, perusahaan berperan aktif memberdayakan perempuan (women empowerment) di internal perseroan maupun sosial masyarakat untuk meningkatkan kemandirian secara ekonomi sehingga membentuk dan meningkatkan karakter yang akan menjadi ciri khas dari setiap Srikandi PLN.

Srikandi PLN sebagai komunitas perempuan yang selalu aktif mendukung berbagai kegiatan dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran .

Tim Srikandi PLN Jateng DIY melalui Program Srikandi Movement menyalurkan bantuan air bersih ke Kabupaten Kulon Progo, untuk 1675 jiwa di Kelurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo Kulon Progo (31/10/2023).

Kegiatan ini merupakan respon dari Tim Srikandi PLN dalam menghadapi cuaca panas yang berkepanjangan di daerah Kulon Progo.

Kegiatan tersebut turut dihadiri BPBD Kulon Progo, Kelurahan Giripurwo, Bhabinkamtibmas Giripurwo serta Karang Taruna Padukuhan Kepundung.

Budi Prastawa selaku Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah memberikan bantuan air bersih kepada warga kelurahan Giripurwo

Diketahui, BPBD Kulon Progo telah menetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan sebanyak 7 kapanewon atau sekitar 20 kelurahan yang terdampak kekeringan.

Sementara Parjono, Kaur Umum Kelurahan Giripurwo menyebut jika lokasi yang mengalami kekeringan di sepanjang Kelurahan Giripurwo bukan hanya pedukuhan kepundung yang membutuhkan kepedulian air bersih tapi masih ada 5 pedukuhan yang membutuhkan supply ataupun bantuan air bersih seperti siang ini

Salah satu warga Dusun Kepundung ,Sumarni menyampaikan bahwa sebelum bantuan ini berlangsung, dirinya bersama warga lainnya hanya bisa ke sumur kecil, baik untuk mencuci maupun konsumsi sehari hari. Padahal kebutuhan warga terkait air cukup banyak sementara pasokan air sangat minim.

Menanggapi hal tersebut, Ririn Harwati, selaku Perwakilan Tim Srikandi PLN Jateng DIY menyampaikan bahwa Tim Srikandi saat ini memiliki program bantuan air untuk Dusun Kepundung yang harapannya bisa membantu mengatasi kekeringan yang terjadi di Dukuh Kepundung.

Lebih jauh, Ririn menyampaikan bahwa latar belakang dari penyelenggaraan Tim Srikandi ini adalah untuk meningkatkan peran Perempuan melalui program-program pengarusutamaan gender dan women empowerment. Selain itu. Program Kerja dalam Tim Srikandi ini meliputi Kebijakan dan Advokasi, Budaya dan Karakter, Capacity Building, Infrastruktur dan TJSL.

” Bantuan air tersebut merupakan salah satu sub program dari program kerja infrastruktur dan TJSL. harapannya bantuan yang diberikan oleh Tim Srikandi PLN ini bisa bermanfaat bagi Pedukuhan Kepundung,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan air bersih secara simbolis kepada warga setempat. Rangkaian kegiatan bantuan yang dilaksanakan di salah satu balai milik warga setempat tersebut kemudian menuai banyak respon positif baik dari warga maupun pemerintah setempat.

Gardu Aniem PLN Dapat Apresiasi Kelestarian

Previous article

Generasi Milenial Ternyata Mayoritas Gunakan Layanan Paylater

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *