Kota JogjaNews

50 Becak Listrik SELIS Resmi Jadi Kendaraan Pariwisata di Yogyakarta

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – 50 Becak Listrik SELIS Resmi Jadi Kendaraan Pariwisata di Yogyakarta. 50 becak itu diterima Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari SELIS.

Becak listrik SELIS ini nantinya akan disebarkan pada tahun 2024 untuk membantu tukang becak kayuh yang umumnya sudah berumur. Becak sendiri, sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ikon DIY

Mengutip dari portal resmi Pemerintah Daerah DIY, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyambut positif keberadaan becak listrik ini. Diharapkan, becak listrik dari SELIS ini bisa membantu mengurangi beban tukang becak.

“Jadi kita ingin yang mengurangi beban itu lebih ringan untuk genjotnya gitu karena ada motor penggerak yang membantu mengurangi beban tukangnya. Sehingga kalau itu bisa cocok untuk mereka, harapan saya ada perubahan gitu ya. Kalau sekarang kan ngayuh sampe sana sudah langsung kemringet,” kata KGPAA Paku Alam X.

Dengan becak listrik SELIS ini, tukang becak kayuh bisa mengayuh sepeda dengan lebih mudah. Dengan teknologi sepeda listrik dari SELIS, becak listrik ini bisa menempuh jarak sampai dengan 40 km.

Becak listrik ini dilengkapi dengan fitur pedal assist sehingga gowesan atau kayuhan akan terasa sangat ringan. Setelah pengendara mengayuh pedal sebanyak 1 putaran, kelistrikan pada becak ini akan aktif. Dinamo akan menyala dan membantu menggerakkan roda. Dengan demikian, tukang becak kayuh bisa lebih mudah mengantarkan penumpang atau menemani masyarakat untuk berjalan-jalan.

Becak listrik ini nantinya akan beroperasi di daerah pariwisata. Penggunaan becak listrik merupakan salah satu upaya untuk melestarikan becak dan andong sebagai transportasi tradisional DIY.

Dengan mempertahankan ketradisionalan dan keistimewaan DIY, SELIS menambahkan teknologi kelistrikan sehingga kendaraan tradisional DIY ini bisa digunakan dengan lebih mudah.

“Kita sangat senang bisa menyediakan becak listrik untuk Yogyakarta. Ini sangat sejalan dengan visi SELIS. Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Sri Sultan Hamengkubuwono X yang sudah memberikan kepercayaan besar kepada SELIS untuk mengubah transportasi tradisional DIY menjadi sesuatu yang modern dan fungsional tanpa mengubah esensi keistimewaan dari becak kayuh,” jelas Wilson Teoh selaku Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna Tbk, yang merupakan Induk dari PT Juara Bike, yang memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik SELIS, 23 Desember 2023.

SELIS sendiri merupakan produsen kendaraan listrik yang sudah menghadirkan kendaraan bebas emisi dari tahun 2011. SELIS berkomitmen memenuhi mobilitas masyarakat melalui kendaraan listrik, seperti sepeda listrik, motor listrik, gerobak listrik, motor gerobak listrik roda tiga, dan motor listrik roda tiga.

Haruskah Menjaga Privasi Hidup?

Previous article

Xixy Casa Mexicano Bar & Bistro, Satu satunya Mexican Resto di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja