FeatureKota JogjaNews

Operasi Lilin 2023 Manfaatkan CCTV Smart City Untuk Amankan Nataru

0
CCTV Smart City

STARJOGJA.COM, JOGJA – Operasi Lilin 2023 Manfaatkan CCTV Smart City Untuk Amankan Nataru. Polri siap menyelenggarakan Operasi Lilin 2023 sebagai langkah mengamankan jalannya agenda libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Operasi khusus ini akan berlangsung selama 12 hari, dimulai pada Jumat (22/12/2023) sampai Selasa (2/1/2024) dijalankan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah DIY.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda DIY, AKBP SUGIYANTA, S.Sos., M.A mengatakan ada dua kegiatan besar yang menjadi perhatian Polda DIY pada Operasi Lilin Progo 2023, yaitu pengamanan kegiatan peribadatan dan kegiatan berwisata di wilayah DIY.

Operasi Lilin Progo 2023 berlangsung selama 12 hari, terhitung sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2023.

“Langkah pertama yang kami tempuh adalah bagaimana menciptakan keamanan, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Karena itu kami mengatur betul lalu lintas di Yogyakarta ini, termasuk membuat rekayasa lalu lintas, utamanya menjelang pergantian tahun nanti untuk mengurai kemacetan,” ujar Sugiyanta.

Ia menuturkan langkah selanjutnya ialah operasi keamanan dengan melakukan antisipasi kejahatan atau gangguan yang berpotensi terjadi di tengah masyarakat.

“Kamera CCTV smart city sudah kami pasang di sejumlah wilayah perbatasan. Kemudian di gereja-gereja juga sudah kami pasang, ini sebagai upaya pengamanan,” jelasnya.

Menurutnya, Kamera tersebut akan memantau secara langsung kondisi area yang diprediksi bakal mengalami kepadatan masyarakat, khususnya di wilayah DIY. Diharapkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan akura

Ada antisipasi penumpukan kendaraan dari arah timur atau yang melewati exit tol Klaten. Diperkirakan kepadatan kendaraan akan terjadi di jalan Solo-Yogyakarta tepatnya di kawasan Prambanan-Kalasan. Pihak kepolisian akan memberlakukan sistem contra flow apabila kepadatan kendaraan sudah tidak terkendali.

“Kami lakukan pemantauan CCTV, apabila nanti peningkatan kendaraan terjadi kami akan berlakukan contra flow untuk menghindari kemacetan,” ucapnya.

Selain itu, kepolisian bakal mendirikan 18 Pos PAM, 2 Pos Terpadu dan 1 Posyan yang masing-masing akan diisi oleh para personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait untuk bersama-sama mengamankan jalannya libur Nataru 2023.

Terkait rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru nanti, Suwondo mengatakan, pihaknya memberlakukan malam bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik 0 KM sejak pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Sultan : Jangan Konvoi Saat Rayakan Tahun Baru

Previous article

Perhatikan Ini, Supaya Liburanmu Tidak Boncos!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature