News

BMKG : Waspadai Cuaca Ekstrim Hingga Pertengahan Januari 2024

0
Siklon Tropis Anggrek
Siklon Tropis (ist)

STARJOGJA.COM, Dalam sepekan terakhir, cuaca ekstrem berupa hujan lebat turut memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, dalam keterangannya mengungkapkan adanya potensi tersebut sesuai dengan rilis BMKG sebelumnya dimana potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia perlu diwaspadai selama periode akhir tahun 2023 hingga awal Januari 2024.

Mencermati perkembangan potensi cuaca saat ini hingga pertengahan Januari 2024, BMKG terus melakukan UPDATE monitoring kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem.

Berdasarkan analisis terkini  diidentifikasi hingga sepekan kedepan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, antara lain:

  1. Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.
  2. Aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.
  3. Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari kedepan.
  4. Sementara itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Potensi Cuaca

Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer diatas, maka untuk sepekan kedepan (03 – 10 Januari 2024) perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga LEBAT  di sebagian wilayah :

* Aceh

* Sumatra Utara

* Sumatra Barat

* Riau

* Kep. Riau

* Bengkulu

* Jambi

* Kep. Bangka Belitung

* Sumatra Selatan

* Lampung

* Banten

* DKI Jakarta

* Jawa Barat

* Jawa Tengah

* DI Yogyakarta

* Jawa Timur

* Kalimantan Barat

* Kalimantan Tengah

* Kalimantan Utara

* Kalimantan Timur

* Kalimantan Selatan

* Sulawesi Barat

* Sulawesi Selatan

* Sulawesi Tengah

* Gorontalo

* Sulawesi Utara

* Maluku

* Papua Barat

* Papua

Baca juga : Star Insight November 2023  

Himbauan BMKG

BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan kedepan.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Merasa Kesepian di Tengah Keramaian, Fenomena Yang Sering Dialami Kalangan Mahasiswa

Previous article

Sleman Hadirkan 110 Acara di Calendar of Event 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News