News

66 Persen Warga Palestina Menderita Penyakit dari Bawaan Air

0
bantuan ke Gaza
bantuan palestina (antara)

STARJOGJA.COM, Info – Serangan Israel yang membuat genosida Palestina dan penutupan pabrik desalinasi air membuat 66 persen warga Palestina menderita penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, diare akut dan penyakit pencernaan.

Melalui pernyataan yang dirilis pada Kamis (25/1), otoritas tersebut menjelaskan pemboman Israel terhadap saluran pembuangan limbah telah menyebabkan banjir sehingga menimbulkan bencana kesehatan dan lingkungan, terutama Kolam Sheikh Radwan, yang mencapai status bahaya akibat akumulasi air hujan dan kebocoran air limbah ke dalamnya.

Otoritas menegaskan agresi pendudukan Israel mengakibatkan sekitar 50.000 pohon tumbang dan buldoser ribuan hektar lahan pertanian, pembibitan serta pekarangan rumah rusak.

Hal itu menyebabkan pula degradasi lahan yang semakin parah, hilangnya keanekaragaman hayati, penurunan kualitas tanah, serta peningkatan emisi karbon dioksida.

Disebutkan pula bahwa kampanye lingkungan digital saat ini berisi data dan informasi tentang dampak negatif serius terhadap lingkungan Palestina.

Otoritas mengindikasikan bahwa aksi tersebut bertujuan untuk mengungkap kejahatan pendudukan Israel terhadap lingkungan, sebab agresi tidak hanya merupakan bencana kemanusiaan, tetapi juga untuk menghancurkan komponen lingkungan akibat akumulasi limbah padat dan medis.

Agresi juga menghasilkan karbon emisi dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim, selain krisis air minum akibat terhentinya pabrik desalinasi dan berbagai masalah lingkungan lainnya, demikian menurut pernyataan.

Di akhir perjumpaan itu juga ditutup dengan foto bersama Aburizal beserta jajaran. Ical, sapaan akrabnya juga kembali menghantarkan Prabowo menuju ke mobilnya menuju Lobby Gedung. Salam hormat pun diberi oleh Prabowo kepada Ical di akhir pertemuannya itu.

“Hati-hati,” kata Aburizal ke Prabowo sembari memegang pundaknya.

Prabowo Subianto, capres nomor urut 2 Koalisi Indonesia Maju bertemu dan bercengkrama dengan sahabatnya, pengusaha dan politisi Aburizal Bakrie saat keduanya bertemu di Wisma Bakrie Center, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2024).

 

Sumber : Antara

Baca juga : Pakar Hukum Sarankan Menlu RI Lantang Bela Palestina seperti Bung Karno

Bayu

Momen Akrab Pertemuan Prabowo dan Aburizal Bakrie

Previous article

Pemain Timnas Indonesia Rileks usai Lolos 16 besar Piala Asia 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News