Kota JogjaNews

Ini Dua TPS Unik di DIY

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Beragam cara digunakan masyarakat untuk memeriahkan pesta demokrasi yang diperingati setiap lima tahun sekali. Ada sejumlah TPS unik di DIY.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 102 Ledhok Pereng RT 08 Ngawen, Ringinsari, Maguwoharjo Depok, Sleman mengenakan pakaian Penari Badui saat pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Ketua KPPS TPS 102, Misbah mengatakan pengunaan pakaian adat tersebut sebagai bagian dari komitmen dan penghargaan untuk warisan budaya sekaligus upaya pelestarian budaya. Jogja, katanya terkenal sebagai Indonesia Mini dengan berbagai latar belakang suku.

“Tari Badui sendiri berasal dari Kabupaten Sleman menjadi salah satu dari warisan budaya tak benda Indonesia dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang telah mendapatkan penetapan sejak tahun 2017  dan masuk dalam domain Seni Pertunjukan,” paparnya.

Seperti di TPS 04 yang berlokasi di SDN Vidya Qasana Jalan Tentara Pelajar No.23, Bumijo, Jetis, Kota Jogja. Petugas KPPS di tempat itu memakai pakaian adat Nusantara saat melayani para pemilih yang menggunakan hak suaranya di Pemilu 2024.

Ketua KPPS TPS 04 Sugito mengatakan, ide penggunaan pakaian adat itu muncul lantaran pihaknya ingin tampil beda di Pemilu kali ini. Menurutnya, Pemilu merupakan gelaran besar yang harus disambut meriah. Pihaknya sengaja memilih pakaian adat Nusantara untuk mengekspresikan bahwa Pemilu adalah persatuan dalam perbedaan.

“Namanya pesta, kemudian kita beragam suku dan budaya makanya kita berekspresi untuk membuat kenangan bahwa kita mencintai seluruh budaya yang ada di Indonesia termasuk adatnya,” kata Sugito.

Sejak di meja registrasi warga sudah disambut dengan petugas yang memakai baju adat daerah. Ada yang memakai baju adat Maluku, Padang, Jogja, Jawa Tengah, Papua dan juga baju adat Batak.

Menurut Sugito, ciri khas yang diusung pihaknya di TPS tersebut juga ingin memberitahukan pesan kepada masyarakat luas bahwasanya Pemilu hanya alat untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan. Perbedaan pilihan yang ada jangan sampai memecah belah persatuan.

Sumber : Harian Jogja

Ini Pesan Haedar Nashir Untuk Pemenang Pemilu 2024

Previous article

Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja