Lifestyle

Alasan Perusahaan Nike PHK 1.600 Karyawan

0
perusahaan Nike
perusahaan Nike

STARJOGJA.COM, Info – Perusahaan Asal Amerika Nike harus melakukan pemutusan kerja atau PHK karyawan sebanyak 1.600 orang sesuai dikutip dari Reuters, Senin (19/2/2024). Pemutusan kerja karyawan ini untuk menurunkan ongkos produksi karena permintaan yang lesu.

Pemutusan 1.600 karyawan ini hanya 2% dari total pekerja secara global sebanyak 83.700 karyawan. Retailer kini melakukan pemangkasan pesanan lantaran daya beli konsumen yang rendah.

“PHK ini dilakukan Nike untuk mengatasi ketakutan bahwa permintaan akan semakin melemah,” kata Direktur Pelaksana GlobalData, Neil Saunders.

Pada Desember 2023, Nike telah menguraikan rencana penghematan sebesar US$2 miliar selama 3 tahun ke depan, termasuk memperketat pasokan beberapa produk dan mengurangi karyawan. Adapun, pemotongan anggaran tersebut akan mencakup sekitar US$400 juta hingga US$450 juta untuk biaya pesangon karyawan.

PHK yang dilakukan Nike juga diiringi dengan keinginan Nike untuk berinvestasi lebih banyak pada bidang olahraga lari yang dinilai Tengah digandrungi pangsa pasar.

“Untuk melakukan Hal tersebut, mereka perlu menyeimbangkan biaya tambahan dengan beberapa pengurangan di bidang lain,” ujarnya.

Di sisi lain, pemangkasan tenaga kerja dilakukan lantaran persaingan yang semakin ketat. Hal ini ditandai dengan tutupnya ritel Nike yang digantikan merek-merek baru seperti Decker Outdoor, Hoka dan On Holding.

“Tindakan yang kami ambil menempatkan kami pada posisi yang tepat untuk mengukur organisasi kami guna meraih peluang pertumbuhan terbesar karena minat terhadap olahraga, kesehatan, dan kesejahteraan tidak pernah sekuat ini,” kata Nike dalam sebuah pernyataan.

Laporan Bloomberg menyebutkan bahwa PHK akan terjadi dalam dua tahap. Tahap pertama akan dimulai pada kuartal pertama, sedangkan tahap kedua akan selesai pada akhir kuartal keempat.

 

Sumber : Bisnis

Baca juga : Nike Ikat Cristiano Ronaldo Rp 251 Miliar

Bayu

Alasan Para Atlet di Tanah Air Pahami Zat Kafein, Kreatin dan Minuman Berenergi

Previous article

Ilia Topuria Turunkan Sang Raja UFC Kelas Bulu dari Singgasana

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle