News

Dampak Pemilu ke Perekonomian Dinilai Masih Cenderung Terbatas

0
dampak pemilu

STARJOGJA.COM, Info – Pemilu 2024 telah selesai dan menghabiskan banyak anggaran dalam pelaksanaannya. Namun dampak pemilu menurut Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Rijadh Djatu Winardi, S.E., M.Sc., Ph.D., CFE UGM,  terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) masih cenderung terbatas.

“Efeknya berkisar antara 0,1-0,2 persen terhadap PDB,” terangnya dalam acara Pojok Bulaksumur yang berlangsung di Gedung Pusat UGM belum lama ini.

Dosen Departemen Ilmu Akuntansi ini menjelaskan bahwa dampak dana pemilu tidak begitu dirasakan masyarakat luas. Pasalnya, masyarakat masih dihadapkan pada inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa.

“Ada juga yang berpendapat efek untuk sekarang tidak akan sebesar pemilu sebelumnya,”ucapnya.

Kondisi tersebut terjadi dikarenakan sejumlah pasangan calon (paslon) presiden tidak menggunakan dananya secara outsource, tetapi menggunakan perusahaannya sendiri. Misalnya, untuk pengerjaan spanduk, kaos, dan atribut kampanye lainnya.

Ia juga menyoroti dalam adanya pola yang sama dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia. Dalam setiap pemilu selalu ada kenaikan konsumsi lembaga dan penurunan investasi. Meskipun terdapat kenaikan namun lebih ke Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT). Konsumsi untuk pembuatan atribut kampanye seperti spanduk dan baliho masih menjadi andalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi saat pemilu masih terbatas dan dampaknya hanya fokus di LNPRT,” jelasnya.

Sementara disisi lain arus investasi tertahan. Dalam setiap pemilu dikatakan Rijadh angka investasi di tanah air tidak mengalami peningkatan.

“Pengusaha selalu mencoba untuk wait and see. Mereka berharap agar pemilu segera selesai agar lebih pasti dan segera bisa investasi,” jelasnya.

Sumber : Humas UGM

Baca juga : Ketua MK Prediksi Gugatan Sengketa Pemilu Meningkat dari Tahun 2019

Bayu

Bukan Dari Korea, Ini Asal Gohyong yang Sedang Viral

Previous article

Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY Jelaskan Pentingnya Laga di Vietnam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News