News

Hari Ini BMKG Ingatkan Hujan Lebat Termasuk di Yogyakarta

0
hujan lebat Yogyakarta
Ilustrasi hujan

STARJOGJA.COM, Info – Hari ini Kamis (4/4) sebaiknya bersiap menghadapi hujan lebat sesuai dengan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Prediksi BMKG potensi hujan lebat ini terjadi di sebagian besar Indonesia dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter.

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Kamis, menunjukkan wilayah yang berpotensi diterjang hujan lebat itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan lebat turut akan menerjang Wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Bahkan hujan di beberapa wilayah tersebut termasuk hujan badai, yakni hujan lebat dengan angin kencang 45 kilometer per jam yang disertai kilat dan petir, yakni berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Hujan badai juga berpotensi terjadi di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan potensi cuaca ekstrem dapat berujung kebencanaan yang meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan, dipicu akibat adanya intervensi bibit siklon tropis.

Menurut dia, terdapat tiga bibit siklon tropis; Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Sumber : Antara

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Waspadai Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Ini

Bayu

Mudik Kala Flu Singapura Merebak, Antisipasi Dengan Cara Ini

Previous article

Thom Haye Selamatkan Heerenveen dari FC Twente

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News